Isolasi asam linoleat sebagai asam lemak esensial dari dehidrasi katalitik asam risinoleat dalam minyak jarak kepyar

Lourentius, Suratno, Retnoningtyas, Ery Susiany, Anggorowati, Adriana Anteng and Simanullang, Wiyanti Fransisca (2022) Isolasi asam linoleat sebagai asam lemak esensial dari dehidrasi katalitik asam risinoleat dalam minyak jarak kepyar. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Isolasi asam linoleat sebagai asam lemak esensial dari dehidrasi katalitik asam risinoleat dalam minyak jarak kepyar] Text (Isolasi asam linoleat sebagai asam lemak esensial dari dehidrasi katalitik asam risinoleat dalam minyak jarak kepyar)
Laporan Penelitian Isolasi Asam Linoleat Update.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minyak jarak kepyar adalah salah satu minyak yang berasal dari tumbuhan dengan kandungan gliserol tririsinoleat yang hampir mencapai 90%, akan tetapi masih kurang pemanfaatannya. Dalam penelitian ini, gliserol tririsinoleat dalam minyak jarak kepyar akan diubah menjadi asam risinoleat yang kemudian akan didehidrasi menghasilkan asam linoleat dan asam linoleat terkonjugasi yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak jarak kepyar mentah. Katalis -alumina digunakan dalam reaksi dehidrasi asam risinoleat menjadi asam linoleat dan asam linoleat terkonjugasi. Selanjutnya dilakukan optimasi kondisi reaksi dengan variasi waktu, dan suhu untuk jumlah katalis tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan yield asam linoleat dan asam linoleat terkonjugasi yang paling tinggi. Reaksi dehidrasi asam risinoleat menjadi asam linoleat dan asam linoleat terkonjugasi dilakukan dengan dengan reaksi saponifikasi minyak jarak kepyar dilanjutkan dengan netralisasi untuk mendapatkan asam risinoleat. Reaksi saponifikasi dilakukan dengan menambahkan sejumlah KOH untuk mendapatkan garam risinoleat. Asam risinoleat dipisahkan dari garam risinoleat dengan penambahan asam. Selanjutnya, asam risinoleat didehidrasi untuk melepas molekul H2O menghasilkan asam linoleat dan asam linoleat terkonjugasi. Dari penelitian disimpulkan bahwa: kondisi proses dehidrasi yang lebih baik dicapai waktu reaksi 0,5 jam, suhu reaksi 210oC dan persentase katalis 7% dengan yield asam linoleat sebesar 98%; kadar asam linoeat sebesar 91,59% dicapai pada produk reaksi dengan bilangan iodin tertinggi.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: Profesi Insinyur
Uncontrolled Keywords: Minyak, penyabunan, risinoleat, dehidrasi, linoleat.
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Professional Engineer Study Program
Depositing User: Dr.Ir., MS Suratno . Lourentius
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:16
Last Modified: 25 Aug 2022 01:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item View Item