Aplikasi metal organic framework MIL-53 Al untuk adsorpsi multi-ion pada air laut

Putro, Jindrayani Nyoo, Ismadji, Suryadi, Soetaredjo, Felycia Edi and Santoso, Shella Permatasari (2022) Aplikasi metal organic framework MIL-53 Al untuk adsorpsi multi-ion pada air laut. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Aplikasi metal organic framework MIL-53 Al untuk adsorpsi multi-ion pada air laut] Text (Aplikasi metal organic framework MIL-53 Al untuk adsorpsi multi-ion pada air laut)
laporan akhir jindra 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metal-Organic Framework (MOF) digunakan sebagai adsorben dalam proses desalinasi. Dalam penelitian ini, MIL-53 Al digunakan untuk menghilangkan ion dari air laut. MIL-53 dibuat menggunakan prekursor Al(NO3)3.9H2O, yang dilarutkan dengan etanol-air, kemudian ditambahkan ligan dengan perbandingan logam dan ligan 1:1,5. Kristalografi MIL-53(Al) diselidiki menggunakan analisis difraksi sinar-X untuk mendapatkan struktur kristal yang jelas sebelum dan sesudah aktivasi. Kemampuan adsorpsi MIL-53(Al)(ht) diuji untuk adsorpsi ion dari air laut pada 303 K. Efisiensi penyisihan MIL-53(Al)(ht) terhadap multi-ion adalah 20,5% dengan kapasitas adsorpsi 147,7 mg ion/g MIL-53. Penyisihan adsorpsi ion pada MIL-53(Al)(ht) mengikuti urutan Cl- > Na+ > SO42- > Mg2+ > K+ > Ca2+. Penggunaan kembali MIL-53(Al)(ht) juga diselidiki, dan hasilnya menunjukkan bahwa kapasitas adsorpsinya menurun secara signifikan setelah siklus pertama adsorpsi/desorpsi.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Teknik Kimia
Uncontrolled Keywords: Desalinasi, air laut, MOF.
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Jindrayani Nyoo Putro Putro
Date Deposited: 23 Aug 2022 06:06
Last Modified: 23 Aug 2022 06:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32007

Actions (login required)

View Item View Item