Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses

Wijaya, Yohanes, Hartanti, Lusia Permata Sari and Mulyono, Julius (2022) Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses. Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses, 16 (1). pp. 38-53. ISSN eISSN : 2655089X pISSN : 19074964, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3

[thumbnail of Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses] Text (Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses)
13. Pengukuran_kinerja_mesin_cetak_.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses_peer_review_] Text (Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses_peer_review_)
12-R1&2-Pengukuran-kinerja_mesin_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses] Text (Pengukuran Kinerja Mesin Cetak Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness Untuk Mengurangi Six Big Losses)
13. Pengukuran_kinerja_mesin_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Efisensi dan efektivitas dari sebuah mesin/peralatan memegang peranan penting dalam menentukan kinerja dari suatu organisasi. Penelitian ini dilakukan pada salah satu industri yang bergerak di bidang cetak kemasan dan berfokus pada salah satu mesin cetak. Metode overall effectiveness equipment (OEE) digunakan untuk mengetahui kinerja mesin. Setelah perhitungan OEE, maka dilakukan analisis six big losses yang terjadi pada mesin cetak untuk mengetahui jenis losses yang paling menyebabkan kerugian pada mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai OEE mesin cetak adalah 37,5%. Nilai OEE sebesar 37,5% sangat jauh dibawah standar dan dapat disimpulkan bahwa kinerja atau efektivitas dari mesin cetak sangat rendah. Berdasarkan analytical hierarchy process (AHP) didapatkan faktor-faktor penyebab kegagalan pada mesin cetak dengan urutan prioritas yaitu sumber daya manusia (SDM), mesin, metode, material, dan lingkungan. Faktor sumber daya manusia merupakan faktor yang paling mempengaruhi kegagalan dan diusulkan untuk lebih meningkatkan keterampilan serta kedisiplinan operator pada mesin cetak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kinerja mesin, overall equipment effectiveness, six big losses, analytical hierarchy process
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:32
Last Modified: 21 Feb 2023 04:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31194

Actions (login required)

View Item View Item