Pengembangan lembar kerja peserta didik model problem based learning pokok bahasan momentum dan impuls dengan bantuan ophysics untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko

Mbembu, Katharina Yestin (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik model problem based learning pokok bahasan momentum dan impuls dengan bantuan ophysics untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan Ophysics. Model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis–Design Development-Implement-Evaluation). Penelitian ini juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pengembangan LKPD, RPP, dan RE diuji validitas terlebih dahulu oleh ahli. Penelitian dilakukan di SMA Seminari ST. Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko dengan subyek penelitian peserta didik kelas X MIPA yang berjumlah 33 orang. Hasil validasi LKPD memperoleh skor sebesar 3,36 di valid, RPP memperoleh skor sebesar 3,26 dengan kategori valid dan RE memperoleh skor sebesar 3,41 dengan kategori sangat valid. Hasil keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,81 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan N-Gain score sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan respon peserta didik sebesar 3,06 dengan kategori baik . Dengan demikian dapat disimpulkan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Seminari Santo Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koswojo, Jane
NIDN0724079104
janekoswojo@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: LKPD, problem based learning, hasil belajar, momentum dan impuls.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 11332 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 00:57
Last Modified: 11 Jul 2022 00:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item