Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian rawat Inap di rumah sakit “X” Sumenep

Rosiyana, Sifa (2022) Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian rawat Inap di rumah sakit “X” Sumenep. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pasien adalah tanggapan pelanggan yang memegang peranan penting dalam menentukan mutu kinerja pelayanan kefarmasian dan menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian pada dimensi ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (emphaty), bukti fisik (tangible) dan kehandalan (reliability). Kriteria pada penelitian ini meliputi keluarga pasien rawat inap yang akan pulang dan CITO. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dengan studi survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini dilakukan ke 87 responden secara offline dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner Skala Likert yang telah di validasi dengan hasil yang diperoleh yaitu r hitung > 0,444 (r tabel) dan hasil uji reliabilitas didapat nilai Crombach’s Alpha > 0,6 yaitu 0,771. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi kehandalan, jaminan, bukti fisik, perhatian dan ketanggapan responden memberikan nilai puas berturut-turut yaitu 80,7%, 74,0%, 80,4%, 72,9%, 74,6% dan rata-rata persentase kepuasan yaitu 76,5% yang artinya responden merasa puas dengan pelayanan kefarmasian rawat inap di Rumah Sakit X Sumenep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hendriati, Lucia
NIDN241970282
luciahendriati@gmail.com
Thesis advisor
Suhartatik, Suhartatik
NIDK198506202011012015
Suhartatikmadhari@gmail.com
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan, pelayanan kefarmasian, instalasi farmasi rawat inap, skala likert, rumah sakit “x” sumenep
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11319 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:16
Last Modified: 07 Jul 2022 09:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item