Rosiyana, Sifa (2022) Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian rawat Inap di rumah sakit “X” Sumenep. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien adalah tanggapan pelanggan yang memegang peranan penting dalam menentukan mutu kinerja pelayanan kefarmasian dan menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian pada dimensi ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (emphaty), bukti fisik (tangible) dan kehandalan (reliability). Kriteria pada penelitian ini meliputi keluarga pasien rawat inap yang akan pulang dan CITO. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dengan studi survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini dilakukan ke 87 responden secara offline dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner Skala Likert yang telah di validasi dengan hasil yang diperoleh yaitu r hitung > 0,444 (r tabel) dan hasil uji reliabilitas didapat nilai Crombach’s Alpha > 0,6 yaitu 0,771. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi kehandalan, jaminan, bukti fisik, perhatian dan ketanggapan responden memberikan nilai puas berturut-turut yaitu 80,7%, 74,0%, 80,4%, 72,9%, 74,6% dan rata-rata persentase kepuasan yaitu 76,5% yang artinya responden merasa puas dengan pelayanan kefarmasian rawat inap di Rumah Sakit X Sumenep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Farmasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hendriati, Lucia NIDN241970282 luciahendriati@gmail.com Thesis advisor Suhartatik, Suhartatik NIDK198506202011012015 Suhartatikmadhari@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | tingkat kepuasan, pelayanan kefarmasian, instalasi farmasi rawat inap, skala likert, rumah sakit “x” sumenep |
Subjects: | Pharmacy |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program |
Depositing User: | Users 11319 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 09:16 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 09:16 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31073 |
Actions (login required)
View Item |