Tinjauan ilmiah alat bantu mobilitas tunanetra

Setyawan, Oktavia Ilhamiani Leli (2021) Tinjauan ilmiah alat bantu mobilitas tunanetra. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (114kB)

Abstract

Mata merupakan salah satu organ tubuh pada manusia yang sangat penting untuk menerima rangsangan cahaya (fotoreseptor). Melalui mata seseorang dapat melihat objek secara luas serta membantu bekerja secara maksimal. Sebagian besar informasi yang didapatkan seseorang melalui indra penglihatan, dan sisanya melalui indra lainnya maka bisa dikatakan bahwa mata adalah salah satu organ yang amat penting bagi seseorang. Tidak semua orang terlahir dengan indra penglihatan yang sempurna, dan sebagian lagi kehilangan penglihatannya baik itu yang disebabkan oleh suatu penyakit, kecelakaan, maupun genetika, penyandang tersebut biasa dipanggil dengan tunanetra, tunanetra diartikan sebagai istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Individu yang disebut sebagai tunanetra merupakan individu yang indra penglihatannya tidak berfungsi secara sebagian atau tidak berfungsi sama sekali. Cara mereka melakukan aktivitas tanpa alat bantu akan memiliki resiko untuk penyandang maupun orang sekitar. Kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang dengan pesat khususnya dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini adalah teknologi untuk memudahkan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Dalam buku ini disajikan laporan Kerja Praktek berdasarkan studi literatur. Studi literatur ini dilakukan bertujuan mempelajari teknologi alat bantu tunanetra berbasis elektronika. Metode studi yang digunakan adalah systematic literature review dengan mengambil artikel dari jurnal ilmiah yang memiliki DOI dalam rentang waktu tahun 2016 – 2021. Artikel yang telah ditemukan adalah sebagai berikut (2) Rancangan Bangun Alat Bantu Mobilitas Berbasis Microcontroller Arduino Uno terbit pada tahun 2017 (3) Mata Ketiga Untuk Tunanetra Menggunakan Sensor Ultrasonic dan Arduino Pro Mini328 terbit pada tahun 2019 (4) Tongkat Bantu Jalan Tunanetra Pendeteksi Halangan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano terbit pada tahun 2020 (5) Deteksi Objek. Menggunakan Metode Single Shot Multibox Detector Pada Alat Bantu Tongkat Tunanetra Berbasis Kamera terbit pada tahun 2020 (6) Perancangan Tongkat Pemandu Tunanetra Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno terbit pada tahun 2020.Dengan adanya tinjauan ilmiah ini, akan dibandingkan dari hasil yang telah ditemukan dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari setiap jurnal, dan hasil dari kelebihan dan kekurangan tersebut dapat ditentukan alat yang paling efektif yang dapat membantu mobilitas tunanetra, yaitu pendeteksian objek yang cepat dan jarak yang baik untuk menandakan adanya objek di depan, yang akan dicantumkan pada kesimpulan dari tinjauan ilmiah ini.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sitepu, Rasional
NIDN0727036201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tunanetra, teknologi, sensor ultrasonik, arduino, Raspberry Pi.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Oktavia Ilhamiani L.S.
Date Deposited: 08 Jul 2022 00:27
Last Modified: 08 Jul 2022 00:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30968

Actions (login required)

View Item View Item