Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner

Simanjuntak, Ermida (2016) Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner. In: Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner, 17 Desember 2016-ISBN: 978-979-17880-2-1, UKWMS.

[thumbnail of Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner] Text (Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner)
20p-Intervensi_latihan_membaca_.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner_peer_review_] Text (Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner_peer_review_)
24p-R1&2-Intervensi_latihan_membaca_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner] Text (Intervensi Latihan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Slow Learner)
20p-Intervensi_latihan_membaca_untuk_(Ermida)_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (6MB)

Abstract

Membaca adalah kemampuan yang cukup penting untuk mendukung keberhasilan akademik di sekolah. Siswa yang mengalami larnban belajar (slow learner) pada tahun awal di SD terkadang belum mampu membaca secara lancar. Penelitian ini bertujuan memberikan intervensi pada seorang siswa lam ban belajar yang duduk di SD kelas 2 sekolah inklusi. Kesulitan membaca subjek terlihat pada kata dengan konsonan ganda di tengah dan di akhir kata "ng", kata dengan konsonan ganda "ny", konsonan "n" di tengah kata dan konsonan ganda yang mengandung bunyi "r" seperti "pr" dan "tr". Intervensi berupa Iatihan membaca yang didasarkan pada metode modeling yaitu subjek akan diminta menirukan cara membaca yang benar, metode repeated practice berupa pengulangan latihan dan metode shaping yaitu memberikan penguatan secara positif terhadap respon membaca yang benar oleh subjek serta memberitahukan pada subjek pada kesalahan baca yang dilakukannya. Pendekatan psikologi positif yaitu memberikan penguatan dan feedback secara positif pada keberhasilan yang dicapai subjek juga diberlakukan dalam proses pemberian intervensi sehingga subjek memiliki keterlibatan belajar yang lebih baik saat di kelas. Intervensi diberikan selama I 0 sesi dengan materi bacaan yang disesuaikan dengan materi pelajaran di kelas 2 SD. Hasil intervensi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca secara benar pada rangkaian konsonan yang menjadi kesulitan subjek yaitu "ng'', "ny", "n", "pr" dan "tr". Saran yang dapat diberikan adalah intervensi dengan menggunakan metode modeling, repeated practice, shaping yang diberikan dengan menggunakan pendekatan psikologi positif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa lamban belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-979-17880-2-1
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, intervensi membaca, siswa slow learner
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:44
Last Modified: 01 Aug 2022 04:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30874

Actions (login required)

View Item View Item