Hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS

Gunawan, Kornelius Dandy (2022) Hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa yang dihadapkan dengan beban kerja atau tugas terlalu banyak akan memiliki kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi. Prokrastinasi adalah kondisi kegagalan pengaturan diri atau kegagalan self regulation yang umumnya dilakukan dan bersifat merusak yang tidak sepenuhnya dipahami. Regulasi diri yang rendah menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prokrastinasi. Maka dari itu dibutuhkan usaha mandiri dan secara aktif dapat memusatkan diri pada pembelajaran untuk mencapai target ideal yang biasa disebut sebagai self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Penelitian ini melibatkan sejumlah 113 mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sample. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang berbentuk Skala Likert untuk mengukur skala prokrastinasi akademik dan skala self regulated learning. Data dianalisa menggunakan teknik analisis statistik non parametrik kendall’s tau_b. Hasil penelitian menunjukkan hubungan berarah negatif yang signifikan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,461 dan nilai signifikasi sebesar 0,000. Artinya semakin tinggi kemampuan self regulated learning yang dimiliki maka semakin rendah prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS, demikian pula sebaliknya semakin rendah kemampuan self regulated learning yang dimiliki maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS. Hasil prokrastinasi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS menunjukkan sebesar 47,8% berada di kategori sedang. Dan self regulated learning mahasiswa 34,5%, di kategori sedang. Sehingga kedepannya diharapkan mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS tetap meningkatkan kemampuan self regulated learning yang dimiliki karena masih ada yang rendah misalnya 28,3% atau sejumlah 32 mahasiswa dengan self regulated learning kategori yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Apsari, Florentina Yuni
NIDN0717067305
yuni@ukwms.ac.id
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 11054 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:10
Last Modified: 23 Jun 2022 08:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30381

Actions (login required)

View Item View Item