Upaya mewujudkan kesehatan mental yang optimal di masa pandemi melalui pendidikan kesehatan manajemen stress dan terapi rileksasi pada anak dan remaja di Panti Asuhan Santa Beatrix Sidoarjo

Cempaka, Anindya Arum, Maryuti, Ira Ayu and Prasetiani, Abigael Grace (2022) Upaya mewujudkan kesehatan mental yang optimal di masa pandemi melalui pendidikan kesehatan manajemen stress dan terapi rileksasi pada anak dan remaja di Panti Asuhan Santa Beatrix Sidoarjo. Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)). Faculty of Nursing, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Remaja dianggap sebagai kelompok usia sehat, namun 20% dari populasi mengalami problem kesehatan mental dan yang paling banyak adalah masalah depresi 1. Di panti asuhan, jumlah remaja yang mengalami problem kesehatan mental meningkat sebesar 80 % dari populasi 2. Hal ini disebabkan karena remaja di panti asuhan biasanya memiliki pengalaman masa lalu tidak menyenangkan semisal kekerasan, penelantaran, penganiayaan, konflik orang tua, atau perundungan di sekolah sehingga mencetuskan problem emosional seperti depresi, kecemasan, dan stress 3. Banyaknya upaya yang harus dilakukan remaja dalam upaya mencapai identitas diri yang positif, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak sehingga remaja dapat tumbuh dan berkembang optimal secara individu atau kelompok. Sehingga perlu pemberian stimulus dan pelatihan mengenai manajemen stress dan terapi rileksasi hipnotis 5 jari. Pelaksanaan kegiatan Pendidikan kesehatan dan pelatihan terapi rileksasi dilakukan selama satu hari panti Asuhan Santa Beatrix Sidoarjo. Sasaran peserta adalah tiga puluh orang dalam sekali pertemuan. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, pelatihan dan diskusi. Hasil pretest menunjukan menunjukkan rendahnya pengetahuan tentang manajemen stres. Evaluasi keberhasilan program sebelum dan sesudah kegiatan diukur dengan kuesioner. Sedangkan evaluasi pelatihan terapi relaksasi dilakukan melalui redemonstrasi. Setelah dilakukan program, jumlah peserta dengan tingkat pengetahuan tinggi naik menjadi 77%. Berdasarkan hasil spss Wilcoxon Hasil Sign Rank Test , didapatkan p-value = 0,000 dengan (ɑ<0,05), yang artinya program pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta.

Item Type: Monograph (Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)))
Department: S1 - Keperawatan
Uncontrolled Keywords: Remaja, panti asuhan, manajemen stress, terapi rileksasi.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Anindya Arum Cempaka
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:24
Last Modified: 22 Jun 2022 02:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30377

Actions (login required)

View Item View Item