Analisis isi online engagement di media sosial youtube pada channel @koreareomit

Anggun, Sheila (2022) Analisis isi online engagement di media sosial youtube pada channel @koreareomit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana isi dari online engagement yang diperoleh Youtube channel Korea Reomit. Online engagement ini memiliki 2 indikator besar, yaitu like dan comment. Comment sendiri merupakan feedback langsung dari penonton, dan memiliki 2 kategori yaitu konfirmasi dan dikonfirmasi. Kedua kategori tersebut memiliki masing-masing jenis. Konfirmasi memiliki 5 jenis, yaitu direct acknowledgemen, positive feeling, clarifiying response, agreeing response, dan supportif response. Kemudian diskonfirmasi memiliki 7 jenis, yakni tangentian response, impersonal response, impervious response,, irrelevant response, interrupting response, incoherent response, serta incongruous response. Penelitian ini berfokus pada fenomena yang terjadi dimana saat ini semakin banyak orang menetapkan media sosial seperti Youtube menjadi tempat mereka bekerja dan memperoleh penghasilan. Fenomena ini diangkat karena perolehan penghasilan dari Youtube cukup unik dan dipengaruhi oleh online engagement sebagai salah satu patokan penting untuk memperoleh popularitas dan penghasilan yang tinggi. Objek penelitian ini adalah analisis isi online engagement. Subjek yang digunakan adalah media sosial Youtube pada channel @Koreareomit. Metode yang digunakan adalah analisis isi untuk mengetahui secara detail isi dari setiap online engagement yang diperoleh., dengan pendekatan kuantitatif, serta jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berfokus pada perolehan online engagement berupa peningkatan jumlah like dan macam-macam indikator pada komentar yang muncul dari channel Youtube Korea Reomit. Hasil yang diperoleh adalah like yang sering muncul dari ketiga tema konten paling banyak pada tingkatan pertama dengan rentang 1 hingga 70.000 likes. Kemudian komentar yang muncul cenderung kearah positive feedback yaitu Positive Feeling dan Supportif Response dibandingkan negative feedback.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Online engagement, like, comment, youtube, Koreareomit
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 10431 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:29
Last Modified: 28 Jun 2022 05:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30356

Actions (login required)

View Item View Item