Susanto, Cintia Dewi (2022) Pengaruh media pembelajaran video animasi powtoon terhadap kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
YES ABSTRAK CINTIA.pdf Download (710kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I CINTIA DEWI.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II CINTIA DEWI.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III CINTIA DEWI.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV CINTIA DEWI..pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V CINTIA DEWI.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN CINTIA DEWI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilakukan di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya pada anak usia 5-6 tahun (TK B) yang masih kesulitan dalam mengelompokkan bentuk geometri lingkaran, segitiga dan segi empat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengenalan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun (TK B). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi powtoon terhadap kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya. Kelebihan media pembelajaran video animasi powtoon adalah fitur animasi dan transisi yang beragam. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 14 anak. Berdasarkan perhitungan uji Kolmogorov Smirnov, maka dapat diketahui hasilnya adalah 0,97 yang artinya data tersebut dapat dikatakan terdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menggunakan uji Paired Sample t-Test dapat diketahui nilai Sig (2-tailed) adalah 0,002, artinya bahwa Sig (2-tailed)<0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah upaya pemberian bantuan (scaffolding) dengan menggunakan media pembelajaran berupa video animasi powtoon. Penerapan penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon mampu meningkatkan kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wati, Sindy Anugerah NIDN0726039105 sindy@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Anak usia 5-6 tahun, geometri, video animasi, powtoon. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Users 11049 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:04 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:04 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30349 |
Actions (login required)
View Item |