Pengaruh media pembelajaran video animasi powtoon terhadap kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya

Susanto, Cintia Dewi (2022) Pengaruh media pembelajaran video animasi powtoon terhadap kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
YES ABSTRAK CINTIA.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I CINTIA DEWI.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II CINTIA DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III CINTIA DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV CINTIA DEWI..pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V CINTIA DEWI.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN CINTIA DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya pada anak usia 5-6 tahun (TK B) yang masih kesulitan dalam mengelompokkan bentuk geometri lingkaran, segitiga dan segi empat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengenalan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun (TK B). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi powtoon terhadap kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri untuk anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Mulia Cendekia Surabaya. Kelebihan media pembelajaran video animasi powtoon adalah fitur animasi dan transisi yang beragam. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 14 anak. Berdasarkan perhitungan uji Kolmogorov Smirnov, maka dapat diketahui hasilnya adalah 0,97 yang artinya data tersebut dapat dikatakan terdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menggunakan uji Paired Sample t-Test dapat diketahui nilai Sig (2-tailed) adalah 0,002, artinya bahwa Sig (2-tailed)<0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah upaya pemberian bantuan (scaffolding) dengan menggunakan media pembelajaran berupa video animasi powtoon. Penerapan penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon mampu meningkatkan kemampuan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wati, Sindy Anugerah
NIDN0726039105
sindy@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Anak usia 5-6 tahun, geometri, video animasi, powtoon.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 11049 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:04
Last Modified: 23 Jun 2022 06:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30349

Actions (login required)

View Item View Item