Perancangan sistem palang pintu otomatis menggunakan smartcard

Pascalis, Alexander Tito (2021) Perancangan sistem palang pintu otomatis menggunakan smartcard. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
new yes ABSTRAK - Alexander Tito Pascalis.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I YES Alexander Tito Pascalis.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II YES Alexander Tito Pascalis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III YES Alexander Tito Pascalis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV YES Alexander Tito Pascalis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
NEW BAB V YES Alexander Tito Pascalis.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Alexander Tito Pascalis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan manusia yang selalu berkembang akan menuntut suatu pola hidup yang lebih mudah, perkembangan pola hidup tersebut tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin modern untuk itu diperlukan sistem parkir yang modern yang bisa memberikan fasilitas bagi para penggunanya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat memicu munculnya berbagai teknologi baru yang salah satunya adalah RFID. RFID ( Radio Frequency Identification) adalah suatu proses identifikasi benda atau objek dengan menggunakan frekuensi transmisi radio. RFID merupakan suatu teknologi baru, dan akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi rangkaian terintegrasi, maka dapat dipastikan bahwa tag RFID dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Sistem-sistem RFID menawarkan peningkatan efisien dalam pengendalian inventory control dalam indentifikasi benda. RFID bisa digunakan untuk menyimpan dan menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yaitu RFID TAG ( transponder ). Pada jaman sekarang ini sebagian besar masih menggunakan sistem palang manual, maka dengan pembuatan sistem palang pintu otomatis ini bertujuan menciptakan suatu perangkat yang dapat berfungsi mempermudah aktifitas pengguna di perumahaan dalam membuka dan menutup palang pintu. Sistem palang pintu otomatis ini memanfaatkan kartu RFID (Radio Frequency Identification) untuk tanda pengenal, masuk dan keluar, dengan memanfaatkan kartu RFID tersebut dapat mengurangi tindakan kriminal bagi pengguna kendaraan. Pembuatan palang pintu otomatis ini memiliki beberapa bagian umum, yaitu RFID Tag, RFID Reader, Motor DC, Arduino Uno / Mikrokontroller Atmega328P, Potensiometer, LCD (Liquid Cristal Display), Relay dan Buzzer. Yang mana motor servo untuk mengangkat dan menurunkan palang pintu, Buzzer akan berbunyi dan LCD menyampaikan informasi sebagai tanda bahwa bukan RFID Tag yang benar. Skripsi ini menjelaskan pembuatan “Perancangan Sistem Palang Pintu Otomatis Menggunakan Smartcard” mengunakan bermacam macam smartcard, fingerprint dan sebagainya. Pengujian dilakukan dengan melakukan menempelkan kartu RFID ke RFID reader dengan mendapatkan Hasil pengujian menunjukkan batas jarak RFID terdeteksi adalah 3 cm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Joewono, Andrew
NIDN0711107201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RFID tag, RFID reader, motor DC, arduino uno, mikrokontroler atmega 328, potensiometer, LCD 16X2, relay, driver motor dan buzzer
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 11007 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:54
Last Modified: 22 Jun 2022 04:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item