Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada kegiatan belanja online selama era new normal pada wanita dewasa awal

Ully, Tri Suryantini Milenia (2022) Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada kegiatan belanja online selama era new normal pada wanita dewasa awal. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Belanja online yang meningkat selama new normal dapat mengarahkan pada perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif memiliki dampak yang negatif, sehingga diperlukan adanya kontrol diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada kegiatan belanja online selama era new normal pada wanita dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan 128 responden wanita dengan rentang usia 18-30 tahun dengan menggunakan teknik pengambilan sampel incidental sampling dan purposive sampling. Data yang diperoleh diuji menggunakan statistik non-parametrik Kendall’s Tau-B, dimana hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi r = 0,590 dan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada kegiatan belanja online selama era new normal pada wanita dewasa awal, dimana semakin tinggi kontrol diri, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif. Sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka semakin rendah pula perilaku konsumtif. Mayoritas subjek memiliki kategori kontrol diri yang sangat rendah dan perilaku konsumtif yang rendah. Hubungan positif antar kedua variabel salah satunya dapat disebabkan oleh mayoritas subjek yang merupakaan pelajar atau mahasiswa yang meskipun memiliki kontrol diri yang rendah belum tentu akan menjadi konsumtif karena terdapat hal lain yang mampu mengontrol mereka, salah satunya keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Effendy, Nurlaila
NIDN0702026606
laila@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, perilaku konsumtif, belanja online, new normal, wanita dewasa awal
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 11004 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2022 17:41
Last Modified: 19 Jun 2022 17:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30276

Actions (login required)

View Item View Item