Laporan kerja praktek PT. Menara Jaya Lestari (23 Juni-22 Agustus 2021)

Einjelly, Yolanda (2022) Laporan kerja praktek PT. Menara Jaya Lestari (23 Juni-22 Agustus 2021). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB 9] Text (BAB 9)
BAB IX.pdf

Download (758kB)

Abstract

PT. Menara Jaya Lestari merupakan perusahaan yang menghasilkan produk obat anti nyamuk bakar cap kingkong jumbo. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008 dan berlokasi di Jl. Balongbendo – Tarik No. 51, Sidoarjo. Perusahaan ini memiliki target pemasaran lokal dengan pemasaran yang dilakukan oleh distributor tunggal yang sudah bekerjasama dengan PT. Menara Jaya Lestari. Proses produksi di PT. Menara Jaya Lestari dibagi menjadi 5 bagian yaitu proses masak onggok, pembuatan adonan, pencetakan adonan, pengeringan obat nyamuk dan packing. Proses masak onggok merupakan proses pencampuran tepung onggok, tepung tapioka menggunakan larutan KNO3 dengan air panas. Proses pembuatan adonan merupakan proses pencampuran keseluruhan bahan baku dengan bahan aktif, pewarna dan parfume. Proses cetak merupakan proses pembentukan coil obat nyamuk. Dan proses pengeringan coil obat nyamuk menggunakan oven. PT. Menara Jaya Lestari menggunakan utilitas berupa air yang berasal dari sumur bor yang digunakan untuk kebutuhan sanitasi dan area produksi, kemudian listrik digunakan untuk penerangan area pabrik dan keberlangsungan proses produksi pada pabrik. PT. Menara Jaya Lestari dikepalai oleh kepala pabrik yang membawahi kepala operasional atau kepala non operasional. Kepala operasional memiliki kewajiban mengawasi dan memberikan arahan ke bagian produksi sedangkan kepala non operasional memiliki kewajiban memonitoring dan memberikan arahan kepada bagian administrasi, akuntansi dan keuangan. Tugas khusus yang diberikan oleh pembimbing pabrik yaitu melakukan tes bioefikasi obat nyamuk cap kingkong jumbo di pagi hari dan tes bioefikasi obat nyamuk cap kingkong jumbo dengan kompetitor dengan knockdown time 50% (KT 50). Tugas khusus yang diberikan oleh pembimbing dari jurusan yaitu tes bioefikasi obat nyamuk cap kingkong jumbo pada malam hari dengan knockdown time 90% (KT 90). Dengan tujuan mengetahui keampuhan dari obat nyamuk beserta kandungan kadar aktifnya terhadap waktu knockdown nyamuk.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Retnoningtyas, Ery Susiany
NIDN0716067201
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Yolanda Einjelly
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:23
Last Modified: 22 Jun 2022 05:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30205

Actions (login required)

View Item View Item