Perbaikan tata letak fasilitas produksi pada divisi frame

Mulyono, Julius and Angka, Peter Rhatodirdjo (2011) Perbaikan tata letak fasilitas produksi pada divisi frame. Perbaikan tata letak fasilitas produksi pada divisi frame, 10 (2). pp. 119-209. ISSN 1412-7350

[thumbnail of Perbaikan tata letak fasilitas produksi pada divisi frame] Text (Perbaikan tata letak fasilitas produksi pada divisi frame)
8 Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi pada Divisi Frame.pdf

Download (10MB)

Abstract

Masalah tata letak fasilitas produksi merupakan salah satu masalah yang penting dalam suatu industri manufaktur. Tujuan utama dari perancangan tata letak fasilitas produksi ini adalah meminimalkan biaya material handling. Perencanaan tata letak fasilitas produksi sangat dibutuhkan oleh setiap industri manufaktur karena 20-50% dari total biaya produksi merupakan biaya material handling. Perancangan fasilitas produksi yang tepat akan meminimalkan total momen perpindahan yang terjadi di lantai produksi. Dengan menurunnya total momen perpindahan, biaya material handling yang harus ditanggung oleh perusahaan menjadi lebih rendah. Untuk memecahkan masalah perancangan tata letak fasilitas produksi yang melibatkan banyak departemen, digunakan salah satu metode heuristis yaitu algoritma Graph Theoretic Approach yang dapat mengidentifikasi Maximal PAG departemen-departemen pada lantai produksi. PT. Indonesia Golden Cycle Industry adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur penghasil sepeda. Pada Divisi Frame perushaan ini, akan dilakukan perancangan tata letak fasilitias produksi yang dapat meminimalkan total momen perpindahan dengan menggunakan algoritma Graph Theoretic Approach. Dalam penelitian ini, akan diberikan gambaran mengenai bagaimana implementasi algoritma Graph Theoretic Approach dalam mencari solusi untuk permasalahan tata letak fasilitas produksi. Dari hasil penelitian, diperoleh pengurangan total momen perpindahan yang signifikan yaitu mencapai 40.332%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tata letak, fasilitas produksi, material handling, algoritma graph theoretic approach
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:20
Last Modified: 23 Mar 2022 05:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29635

Actions (login required)

View Item View Item