Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan metode pembelajaran TPS (think pair share) pada pokok bahasan gerak parabola untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Darlistia, Margareta Herlina (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan metode pembelajaran TPS (think pair share) pada pokok bahasan gerak parabola untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MARGARETA H.D.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V MARGARETA H.D.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan skenario yang dipersiapkan oleh guru sebelum proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Telah dilakukan penelitian pengembangan pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif metode TPS (Think Pair Share) pada pokok pembahasan Gerak Parabola untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran daring. Perangkat pembelajaran yang kembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) beserta lembar jawabannya, dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada 33 siswa kelas X IPA2 SMA St. Carolus Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP adalah 94% yaitu proses belajar mengajar terlaksana dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, peningkatan hasil belajar N-Gain Score 0,67 dengan kategori sedang, dan persentase respon siswa adalah 95% dengan kategori respon positif. Dengan demikian , dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think Pair Share) pada pokok bahasan Gerak Parabola dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA St. Carolus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wirjawan, Johanes Vincentius Djoko
NIDN0705046101
margaretaherlinadarlistia@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, TPS, gerak parabola, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Margareta H. D H. D
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:52
Last Modified: 28 Jan 2022 07:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

View Item View Item