Wasito, Melissa Rosalia (2010) Perancangan strategi pemasaran PO. Seruni dalam upaya bertahan di pasar. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (79kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Preview |
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf Download (49kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Setiap perusahaan pada dasarnya selalu berupaya memaksimalkan peluang bisnis guna mendapatkan laba sebesar-besarnya untuk keberhasilan perusahaan. Keberhasilan tersebut ditentukan oleh efektifitas dari fungsi menajemen dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam menghadapi persaingan ini diperlukan keunggulan bersaing, yang melibatkan faktor ekstern dan intern. PO.SERUNI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri jasa transportasi bus dengan rute Surabaya-Trenggalek. Sejak beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah pesaing pada rute yang sama, dan bertambahnya jumlah kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Hal ini berdampak pada penurunan jumlah penumpang bus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang sesuai dengan keinginan customer sehingga PO. SERUNI dapat bertahan di pasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan lapangan melalui Focus Group Discussion (FGD). Data diperoleh dari internal perusahaan, konsumen, dan pesaing. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah enviromental scanning, five forces model Porter, value chain, dan analisis strategi perusahaan berdasarkan marketing mix. Berdasarkan hasil analisis, rancangan strategi pemasaran bagi PO. SERUNI adalah melakukan inovasi layanan meliputi paket tour liburan sekolah (high season tour), paket tour ke tempat-tempat wisata (low season tour), dan paket Outbound Tour. Strategi penentuan harga yang akan diimplementasikan adalah penetapan harga karcis menggunakan batas bawah (Rp.22.000). Rancangan strategi terkait saluran distribusi adalah layanan penjualan karcis hanya di loket terminal sebagaimana diterapkan jasa kereta api. Rancangan strategi promosi meliputi Point of sale advertising, Direct mail dan brosur, Personal Selling serta membangun Website. Rancangan strategi terkait proses adalah menjaga proses perekrutan karyawan yang ketat, proses pengawasan diperketat, proses pelayanan klaim asuransi kecelakaan, membangun sistem layanan keluhan (customer service), serta melakukan proses pengawasan melalui smard card. Rancangan strategi personil akan tetap menggunakan sistem kekeluargaan yang telah terbukti dapat menjaga loyalitas karyawannya. Sedangkan rancangan strategi PO SERUNI terkait fasilitas adalah pengecatan dan reparasi tetap dilakukan secara rutin, menambahkan peralatan berupa CCTV (closed circuit television), TV, VCD player, AC dan pengharum ruangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Five forces model Porter, value chain, marketing mix, 7P. |
Subjects: | Business Business > Strategic Management |
Divisions: | Graduate School > Master Program in Management |
Depositing User: | Sri Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 08:31 |
Last Modified: | 26 Jun 2015 08:31 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2880 |
Actions (login required)
View Item |