Laporan kerja praktek PT. Wings Surya Bagian Produksi Plastik 14 Juni-14 Agustus 2021

Su'andi, Henoch Jaya (2021) Laporan kerja praktek PT. Wings Surya Bagian Produksi Plastik 14 Juni-14 Agustus 2021. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9] Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

PT. Wings Surya merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak dibidang produk konsumer di Indonesia. Perusahaan ini dibentuk pada saat Bapak Harjo Sutanto dan Johanes F. Katuari yang berpindah dari tempat asalnya menuju ke Surabaya, yang kemudian mendirikan pabrik sabun rumah tangga pada 21 September 1948 dengan nama Fa Wings. Seiring berkembangnya perusahaan ini, pada tahun 1991, Fa kemudian berganti nama menjadi PT. Wings Surya yang sudah dikenal hingga saat ini. Perusahaan ini berkembang berkat berbagai strategi yang diterapkan oleh pihak perusahaan hingga mengalami perkembangan yang cukup signifikan dan cukup terpercaya di kalangan masyarakat. Berawal dari produksi sabun, kemudian berkembang menjadi berbagai produk sehari-hari masyarakat hingga makanan dan minuman. Setiap produk dari PT. Wings Surya didukung dengan kemasan yang melindungi dan menjaga agar produk sampai ditangan konsumen dengan baik. Kemasan tersebut terbuat dari biji plastik yang diolah menjadi botol plastik maupun ember dan beberapa pot untuk wadah dari sabun. Salah satu departemen yang terdapat di perusahaan ini mendukung pembuatan dari kemasan plastik tersebut untuk kebutuhan perusahaan. Produk kemasan plastik yang dibuat oleh departemen ini akan digunakan oleh departemen lain khususnya untuk departemen produk Wings Care. Proses pembuatan dari botol itu sendiri berasal dari bahan baku utama berupa biji plastik yang diolah menjadi barang semi-finished goods dengan bantuan mixer dan pewarna yang kemudian diolah dengan berbagai mesin plastik sesuai dengan jenis produk dan bahan baku menjadi barang finished goods sehingga dihasilkan produk tersebut. Berbagai produk yang dihasilkan tersebut kemudian akan digunakan sebagai kemasan untuk berbagai produk pendukung dari produk-produk utama PT. Wings Surya seperti porcelain, pewangi, sabun dan berbagai jenis produk lainnya. Perkembangan dari perusahaan ini tidak luput dari strategi pemasaran yang dipergunakan. Beberapa strategi yang dipergunakan seperti metode konvensional yaitu “door to door”, berbagai iklan di banyak sosial media maupun televisi, membuat berbagai event yang menarik hingga penunjukkan Brand Ambassador yaitu artis terkemuka. Berbagai strategi tersebut mampu meningkatkan nilai penjualan bahkan menarik banyak sekali minat masyarakat untuk membeli maupun mengkonsumsi produk dari PT. Wings Surya.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Herman, Herman
NIDN0723047201
herman@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 10381 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:41
Last Modified: 12 Jan 2022 01:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28251

Actions (login required)

View Item View Item