Suartha, Aemelia Ancilla (2021) Laporan tugas akhir etika komunikasi frontliner di BRI unit Mulyosari. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (299kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini dibuat untuk mengetahui tentang penerapan etika komunikasi frontliner di BRI Unit Mulyosari Surabaya serta hambatan komunikasi seperti apa yang sering terjadi saat pelayanan. Penelitian ini dilatarbelakangi ketika penulis merasa adanya penerapan etika yang kurang efektif pada saat berkomunikasi. Hal ini membuat jalannya pelayanan kadang menjadi terhambat. Frontliner sendiri memiliki tugas yaitu, sebagai garda terdepan perusahaan yang langsung berhubungan atau berkomunikasi dengan nasabah. Frontliner juga dapat dikatakan sebagai jembatan informasi dan komunikasi antara nasabah dengan perusahaan. Penting bagi frontliner untuk bisa menerapkan etika berkomunikasi yang baik dengan nasabah. Jika seorang frontliner tidak dapat berkomunikasi dengan baik akibatnya akan terjadi hambatan pada saat pelayanan terjadi. Hambatan dapat disebabkan karena adanya komunikasi yang dilakukan tidak terjadi secara dua arah, atau dalam kata lain hanya satu arah saja yang memahami betul informasi yang disampaikan pada saat terjadinya komunikasi. Sedangkan, komunikasi sendiri harus dilakukan secara dua arah, atau kedua belah pihak harus memahami betul infromasi yang disampaikan pada saat komunikasi berlangsung. Karena komunikasi tidak dapat berjalan hanya satu arah saja. Jika hambatan sering terjadi, akibatnya tugas frontliner yang merupakan jembatan informasi dan komunikasi antara nasabah dengan perusahaan tidak terjalan sepenuhnya dengan baik. Maka dari itu, seorang frontliner harus benar-benar memahami etika komunikasi serta menggunakan komunikasi yang efektif pada saat pelayanan agar informasi yang akan disampaikan dapat diterima baik oleh nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Department: | D3 - Administrasi Perkantoran |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Sarbani, Yohanes Adven NIDN0719128201 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Frontliner, etika, komunikasi, hambatan dan pelayanan. |
Subjects: | Office Administration |
Divisions: | Faculty of Vocational > Office Administration Diploma Study Program |
Depositing User: | Users 10143 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 05:51 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 05:51 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27950 |
Actions (login required)
View Item |