Pengaruh kecerdasan emosi terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di masa pandemi COVID-19

Purba, Valentino Luhut Marasi Hasudungan (2021) Pengaruh kecerdasan emosi terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di masa pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 memunculkan tantangan bagi mahasiswa tingkat akhir dalam proses mengembangkan diri agar siap menghadapi dunia kerja, namun tantangan-tantangan yang muncul selama perkuliahan daring menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Untuk itu dibutuhkan kecerdasan emosi yang baik dalam menyelesaikan perkuliahannya, sehingga dapat terbangun kesiapan kerja yang baik pada mahasiswa tingkat akhir. Kesiapan kerja adalah kemampuan dalam menyesuaikan diri di budaya kerja baru dimana individu memiliki aspek tanggung jawab, fleksibilitas, keterampilan, komunikasi, pandangan diri, kesehatan dan keselamatan dalam dirinya. Kecerdasan emosi menjadi salah satu faktor emosi yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan individu dalam mengetahui emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan menangani hubungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosi terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di masa pandemi Covid-19. Partisipan pada penelitian ini merupakan mahasiswa tingkat akhir yang berada di delapan fakultas yaitu dari Bisnis, Teknik, Teknologi Pangan, Farmasi, Psikologi, Keperawatan, Kedokteran dan Ilmu Komunikasi sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kecerdasan Emosi dan Skala Kesiapan Kerja yang disusun oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan adanya pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dengan hasil koefisien regresi r sebesar 0,688 dan nilai p sebesar 0,00 < 0,05. Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki mahasiswa tingkat akhir, maka semakin tinggi juga tingkat kesiapan kerja yang dimilikinya. Kecerdasan emosi dapat menjelaskan kesiapan kerja sebesar 47,4% sedangkan sisanya sebesar 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti oleh penelitian ini seperti fisiologis, pengalaman dan faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, pendidikan dan lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Effendy, Nurlaila
NIDN0702026606
laila@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Kecerdasan Emosi, Kesiapan Kerja
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Valentino Luhut Marasi Hasudungan Purba
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:00
Last Modified: 10 Jan 2022 09:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27933

Actions (login required)

View Item View Item