AIRASIA VS LION AIR : analisis isi komparatif strategi promosi maskapai penerbangan Airasia dan Lion Air melalui media sosial Instagram

Ozora, Vania (2021) AIRASIA VS LION AIR : analisis isi komparatif strategi promosi maskapai penerbangan Airasia dan Lion Air melalui media sosial Instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
01 ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana perbandingan strategi promosi yang dilakukan AirAsia dan Lion Air sebagai maskapai penerbangan Low-Cost Carrier (LCC) menggunakan 7 indikator bauran pemasaran meliputi Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik. Penelitian ini berfokus pada fenomena strategi promosi AirAsia dan Lion Air melalui Media Sosial Instagram. Fenomena ini diangkat karena adanya pandemi COVID-19 pada tahun 2020 yang membuat beragam maskapai penerbangan di Indonesia mengalami penurunan jumlah penumpang secara drastis dan bagaimana cara maskapai penerbangan untuk dapat kembali pulih serta melakukan penerbangan dengan normal. Analisis isi komparatif digunakan untuk mengetahui perbandingan gambaran strategi promosi yang dilakukan oleh AirAsia dan Lion Air. Objek dalam penelitian ini yaitu analisis isi komparatif strategi promosi. Subjek yang digunakan adalah media sosial Instagram AirAsia dan Lion Air yaitu @airasiasuperapp.id serta @lionairgroup. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif-komparatif. Penelitian berfokus melihat bagaimana strategi promosi AirAsia dan Lion Air. Penggunaan strategi promosi AirAsia dan Lion Air di Instagram disesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka yaitu AirAsia menggunakan strategi promosi berupa keseluruhan kategori dan menonjolkan kategori Publicity dengan mengunggah beragam Information Stories. Sementara Lion Air tidak menggunakan keseluruhan kategori, tetapi cenderung menunjukkan kategori Publicity dengan mengunggah terkait Corporate Social Responsibility (CSR) mereka dan Information Stories. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa AirAsia lebih intensif dan beragam dalam penggunaan strategi promosi dibandingkan kompetitornya Lion Air.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
yulinugraheni@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, komparatif, AirAsia, Lion Air
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Vania Ozora
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:43
Last Modified: 06 Jan 2022 04:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27861

Actions (login required)

View Item View Item