Pengukuran performansi mesin R2 dengan pendekatan overall equipment effectiveness (OEE) dan six big losses serta penerapan single minute exchange of dies (SMED) pada penggantian gergaji di PT SPINDO Tbk Unit 1

Liemanjaya, Steven (2021) Pengukuran performansi mesin R2 dengan pendekatan overall equipment effectiveness (OEE) dan six big losses serta penerapan single minute exchange of dies (SMED) pada penggantian gergaji di PT SPINDO Tbk Unit 1. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

PT SPINDO Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang industri baja. Produk pipa yang diproduksi oleh PT SPINDO Tbk sangat beragam mulai dari water pipes, structural pipes, industrial pipes, serta beberapa jenis produk lainnya. Produk-produk PT SPINDO Tbk ini menjangkau pangsa pasar yang luas mulai dari pasar domestik hingga pasar internasional. Semakin besar permintaan maka perusahaan harus semakin cepat pula dalam memproduksi. Salah satu penentu cepatnya produksi adalah performansi mesin. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan pada mesin R2 karena merupakan salah satu mesin yang performansinya cukup rendah karena sering mengalami downtime. Downtime yang sering terjadi menyebabkan output produksi yang rendah dan tidak mencapai target. Penelitian ini menggunakan metode overall equipment effectiveness (OEE) untuk mengukur performansi dari mesin dengan melihat nilai availability, performance rate dan rate of quality. Hasil dari pengolahan data pada bulan Agustus 2021 nilai availability sebesar 61,51%, nilai performance rate sebesar 83,92%, nilai rate of quality sebesar 98,77%, sehingga nilai OEE nya adalah sebesar 50,98%. Nilai OEE yang masih jauh dari standar yaitu 85% mengindikasikan bahwa mesin R2 menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Selain itu dengan menerapkan tools six big losses diketahui jenis kegagalan terbesar disebabkan oleh breakdown losses sebesar 22,09% yang merupakan faktor dari downtime. Upaya untuk menurunkan downtime dilakukan dengan menerapkan tools Single Minute Exchange of Dies (SMED) pada salah satu downtime terbesar yaitu penggantian gergaji. Dari implementasi metode SMED pada penggantian gergaji mesin R2, didapatkan reduksi waktu sebesar 62,74% dari semula 20,8 menit menjadi 7,75 menit. Perubahan waktu aktivitas penggantian ini turut mempengaruhi persentase dari availability mesin R2. Persentase availability meningkat menjadi 63,40% dari semula 61,51%. Kenaikan availability turut berpengaruh juga pada kenaikan OEE pada bulan Agustus 2021 menjadi 52,55%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Gunawan, Ivan
NIDN0722098801
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartanti, Lusia Permata Sari
NIDN0717078402
lusia.hartanti@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: OEE, six big losses, SMED, performansi, downtime.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Steven Liemanjaya
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:19
Last Modified: 04 Jan 2022 04:32
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27731

Actions (login required)

View Item View Item