Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi

Widjaja, Felisitas Fernita, Hartanti, Lusia Permata Sari and Runtuk, Johan K. (2015) Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi. Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi, 4 (2). pp. 46-57. ISSN 2302-5581, Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi

[thumbnail of Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi] Text (Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi)
7-Kajian_alternatif_usulan_keseimbangan_.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi_peer_review_] Text (Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi_peer_review_)
8-R1&2-Kajian_alternatif_usulan_keseimbangan_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi] Text (Kajian Alternatif Usulan Keseimbangan Lintasan Produksi CV Garuda Plastik Dengan Menggunakan Simulasi)
8-Kajian_alternatif_usulan__Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah ketidak seimbangan lintasan produksi CV Garuda Plastik karena adanya idle time dan memiliki produtivitas yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyeimbangkan lintasan produksi sehingga dapat meningkatkan output produksi. Nilai efisiensi sistem produksi saat ini hanya mencapai 37,47%. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi terhadap proses produksi yang sedang berjalan, dan pengambilan data waktu produksi secara langsung. Data diolah untuk dilakukan uji keseragaman dan kecukupan data, kemudian dilakukan perhitungan distribution fitting. Untuk mengetahui efisiensi sistem produksi saat ini maka dibuat model simulasi dengan menggunakan software Promodel. Setelah model simulasi selesai maka dapat dilakukan tahap verifikasi dan validasi model simulasi untuk membandingkan hasil simulasi dan sistem nyata. Pembuatan usulan perbaikan dibuat berdasarkan hasil analisis dari hasil simulasi sistem produksi saat ini dengan menggunakan metode Ranked Positional Weights (RPW) untuk mendapatkan jumlah stasiun kerja yang optimal. Terdapat dua usulan perbaikan dalam penelitian ini, usulan perbaikan pertama dengan menggunakan metode RPW dapat meningkatkan efisiensi produksi menjadi 49,96 % dengan tiga stasiun kerja. Sedangkan pada usulan perbaikan kedua dengan menggunakan penambahan jumlah mesin injeksi dan operator mesin injeksi, sehingga dapat meningkatkan efisiensi produksi menjadi 51%. .

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Lintasan, Ranked Positional Weights, Efisiensi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:55
Last Modified: 02 Feb 2022 08:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27433

Actions (login required)

View Item View Item