Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo

Hartanti, Lusia Permata Sari (2015) Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo. In: KONFERENSI NASIONAL "MEMPERSIAPKAN KEBANGKITAN GENERASI EMAS INDONESIA 2045 MELALUI REVOLUSI MENTAL ANAK BANGSA", 28 Nopember 2015, Prosiding Konferensi Nasional-ISBN: 978-602-18625-2-0.

[thumbnail of Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo] Text (Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo)
10p-Usulan_penerapan_teknologi_tepat_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo_peer_review_] Text (Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo_peer_review_)
15p-Usulan_penerapan_teknologi_tepat_.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo] Text (Usulan Penerapan Teknologi Tepat Guna pada UMKM Batik “X”, Sidoarjo)
15p-Usulan_penerapan__Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi Tepat Guna adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. Produktivitas UMKM batik “X” dalam menghasilkan batik belum optimal, hal ini antara lain dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan UMKM batik “X” dalam proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan penerapan teknologi tepat guna pada UMKM batik “X” Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data penelitian digunakan adalah data primer dan sekunder. Usulan penerapan teknologi tepat guna di UMKM batik “X” adalah penggunaan kompor listrik dalam proses produksi, penggunaan canting elektrik dalam proses produksi, Peningkatan hard & soft skill tenaga kerja, pembuatan teknologi pengolahan limbah produksi batik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-602-18625-2-0
Uncontrolled Keywords: teknologi tepat guna, UMKM, batik
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:52
Last Modified: 02 Feb 2022 08:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27427

Actions (login required)

View Item View Item