Manajemen komunikasi kelompok pelaku reklamasi Kenjeran (Studi fenomenologi terhadap reklamasi pesisir pantai di Kel. Sukolilo, Kec. Bulak, Kenjeran)

Octavia, Shanice Priscilla (2021) Manajemen komunikasi kelompok pelaku reklamasi Kenjeran (Studi fenomenologi terhadap reklamasi pesisir pantai di Kel. Sukolilo, Kec. Bulak, Kenjeran). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Shanice Priscilla.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Shanice Priscilla.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Shanice Priscilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Shanice Priscilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Shanice Priscilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - Shanice Priscilla.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - Shanice Priscilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Aktivitas reklamasi yang dilakukan oleh warga Sukolilo Baru merupakan bentuk solusi yang diambil atas keterbatasan lahan dan kemiskinan yang telah lama menjadi polemik. Walaupun tersandung masalah legalitas, pemaknaan para pelaku reklamasi dapat memberikan perspektif yang baru terkait fenomena ini. Penelitian ini akan membahas mengenai manajemen komunikasi para pelaku reklamasi di Sukolilo Baru, tepatnya di RW 02, Kel. Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, berjenis penelitan deksriptif, dan diteliti dengan metode penelitian fenomenologi. Peneliti menggunakan teori boneka Matouschka Rusia milik Michael Kaye. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam dengan para informan agar dapat mengetahui perspektif pelaku reklamasi terkait pengalaman intersubyektifnya. Pengumpulan data juga ditunjang oleh peneliti dengan observasi langsung untuk melihat keadaan sebenarnya di lapangan. Peneliti menemukan bahwa: lapisan The Self – Sukolilo merupakan pusat kehidupan mereka, sehingga para penduduk asli berhak atas kekayaan alam serta peluang kampungnya; lapisan Interpersonal – penggunaan bahasa memiliki peran yang penting dalam membentuk pemaknaan individu; lapisan People-in-System – opinion leader berperan sebagai change agent yang menyadari keberadaan ancaman (shadow side) terkait reklamasi; lapisan Competence – terdapat perbedaan dalam surface level dan deeper level pelaku reklamasi yang merupakan opinion leader dengan pelaku reklamasi yang merupakan warga biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi, Pengalaman, Reklamasi, Fenomenologi, Pemaknaan
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:06
Last Modified: 04 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26821

Actions (login required)

View Item View Item