Menjual isu feminisme demi kepentingan komersial : kajian Star Studies atas konstruksi image Billie Eilish

Kantono, Jovie (2021) Menjual isu feminisme demi kepentingan komersial : kajian Star Studies atas konstruksi image Billie Eilish. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (441kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah membongkar gimik image Billie Eilish yang di konstruksikan lewat lagu, fashion, interview, dan konser. Image bintang dikonstruksikan demi mendapatkan keuntungan komersial. Untuk meneliti image bintang digunakan kajian star studies yang berfokus pada seluruh perilaku, literatur dan publisitas yang ditujukan kepada bintang berguna untuk membangun image bintang. Dengan menggunakan metode semiotika milik Charles Sanders Peirce dimana peneliti akan mengambil beberapa scene dari empat media yang telah dipilih yaitu lagu, fashion, interview, dan konser. Empat media yang di pilih akan di analisis dengan tabel analisis lalu di analisis dengan triangle meaning yang berupa representament/sign, objek, dan interpretant. Pembahasan yang pertama peneliti fokus untuk membedah lagu dan video musik Billie Eilish yang berjudul Bad Guy untuk mengetahui bentuk image yang terlihat di musik Billie Eilish. Kedua peneliti meneliti dari sisi fashion Billie Eilish untuk mengetahui bagaimana Billie Eilish menggunakan fashion untuk membentuk imagenya. Sedangkan pembahasan ketiga peneliti membedah interview Billie Eilish untuk melihat gimik verbal maupun non verbal yang diperlihatkan Billie Eilish. Di pembahasan yang terakhir peneliti fokus membedah konser Billie Eilish untuk melihat bentuk keseluruhan image yang ditampilkan ketika konser. Dalam pembahasan ini peneliti menarik kesimpulan bahwa Billie Eilish menggunakan isu feminisme untuk membangun image dirinya sebagai seorang feminis, demi mendapatkan keuntungan komersial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Purnama, Finsensius
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Star Studies, Star Image, Semiotika.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 28 Sep 2021 08:03
Last Modified: 28 Sep 2021 08:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26751

Actions (login required)

View Item View Item