Penggambaran maskulinitas perempuan dalam iklan free fire Joe Taslim anggota Money Heist

Pratama, Ferdio Noval (2021) Penggambaran maskulinitas perempuan dalam iklan free fire Joe Taslim anggota Money Heist. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (280kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggambaran sifat maskulin dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” yang dapat dilihat dari para pemain iklan. Sifat maskulin biasanya hanya dimiliki oleh laki-laki. Media sering kali menggambarkan perempuan sebagai kaum yang lemah dan tidak berdaya, namun dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” ini perempuan di gambarkan berbeda. Seperti perempuan melakukan aksi perampokan pada Bank, menggunakan senjata api, bahkan melawan apparat kepolisian. Biasanya peran-peran seperti itu para pengiklan menggunakan aktor laki-laki untuk memerankan adegan tersebut tetapi di iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” ini perempuan yang memerankan adegan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sifat maskulin juga bisa dimiliki oleh perempuan. Seperti memiliki sifat pemberani dalam iklan ini perempuan melakukan aksi tindak kriminal seperti melakukan perampokan Bank aksi tersebut adalah salah satu aksi yang berani karna aksi ini memiliki tingkat resiko yang tinggi apa lagi perempuan yang melakukan, Perempuan juga di gambarkan memiliki kesetaraan dengan laki-laki dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” terlihat kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dari salah satu cara mereka menggunakan pakaian yang sama dan dalam iklan ini menunjukan bahwa peremuan juga memiliki sifat yang mandiri. Namun dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” ada sifat paradok, meskipun kebanyakan pereempuan yang menunjukan aksinya tetap saja laki-laki yang menjadi pemimpin. Peneliti menggunakan metode analisis semiotik milik Charles Sander Peirce dengan cara Triangle of Meaning yang dimana hasilnya akan diketahui bahwa maskulinitas pada iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas, Semiotik Peirce, Game Free Fire
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:16
Last Modified: 14 Sep 2021 06:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item