Laporan kerja praktek pabrik pembuatan carboxymethyl cellulose berbahan dasar selulosa dari tongkol jagung

Putra, Andreas Vicky Fernanda and Kusbianto, Marcelino Jaya (2020) Laporan kerja praktek pabrik pembuatan carboxymethyl cellulose berbahan dasar selulosa dari tongkol jagung. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Andreas Vicky.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1 - Andreas Vicky.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 - Andreas Vicky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 - Andreas Vicky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 - Andreas Vicky.pdf

Download (97kB)

Abstract

Sodium Carboxymethyl Cellulosae (Na-CMC) merupakan bahan pencampur yang mempunyai fungsi sebagai agen pengental, pembentuk gel, stabilisator, dan sebagai pengemulsi. Bahan baku utama dari Na-CMC adalah selulosa yang telah dimurnikan dengan proses delignifikasi dan diproses secara alkalinasasi dan esterifikasi menjadi produk Na-CMC. Bahan penghasil selulosa yang digunakan adalah yang mengandung selulosa cukup tinggi dan mudah untuk didapat, sebagai contoh bahan yang digunakan adalah tongkol jagung yang merupakan limbah dengan kandungan selulosa cukup tingi, yaitu sekitar 35-55%.Proses yang dilakukan untuk mendapatkan selulosa adalah dengan memasukkan Tongkol jagung kedalam alat hammer mill, untuk dijadikan berbentuk serbuk. setelah itu dimasukkan kealat screener agar didapatkan bentuk serbuk dengan ukuran yang seragam, serta dimasukkan ke dalam reaktor bleaching untuk proses pemutihan serbuk dengan sodium klorit, sehingga dapat dilakukan perusakan jaringan lignin dengan NaOH, lalu di cuci dan di filter menggunakan rotary drum vacuum filter and washer dan dikeringkan dengan Sludge dryer. Selulosa akan diproses kembali dengan dicampurkannya air, NaOH, dan sodium monocloroasetat di reactor, kemudian slurry akan dibawa menuju rotary drum filter and washer II untuk dilakukan pencucian dan dibawa menuju spray dryer untuk dijadikan serbuk Na-CMC.Dalam Na-CMC ini banyak digunakan dalam industri makanan, farmasi, dan lain-lain. Oleh karena kegunaannya yang sangat banyak, dibutuhkan banyak Na-CMC di Indonesia. Indonesia sendiri belum memiliki banyak perusahaan penghasil Na-CMC, hanya terdapat 1 perusahaan, oleh karena itu, dibutuhkan lebih banyak lagi perusahaan penghasil Na-CMC agar dapat memenuhi kebutuhan industry dalam negeri.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudaryanto, Yohanes
NIDN0730056201
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 19 Jan 2022 00:14
Last Modified: 19 Jan 2022 00:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item