Kerja praktek studi pustaka aplikasi sensor gas pada sistem monitoring polusi udara berbasis quadrotorunmannedaerial vehicle (UAV) dan internet of things (IoT)

Wibisono, Bagus Wahyu (2020) Kerja praktek studi pustaka aplikasi sensor gas pada sistem monitoring polusi udara berbasis quadrotorunmannedaerial vehicle (UAV) dan internet of things (IoT). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - Bagus Wahyu Wibisono-1.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I - Bagus Wahyu Wibisono-1.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II - Bagus Wahyu Wibisono-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III - Bagus Wahyu Wibisono-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV - Bagus Wahyu Wibisono-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V - Bagus Wahyu Wibisono-1.pdf

Download (81kB)

Abstract

Pencemaran udara merupakan salah satu masalah penyebab terjadinya pemanasan global.Beberapa alat pemantau kualitas udara yang biasanya berada di pusat kota hanya sebatas menampilkan data di satu titik. Oleh karena itu,diperlukan perangkat bergerak untuk memantau kualitas udara sehingga memungkinkan adanya pemantauan di beberapa titik. Makalah ini bertujuan untuk studi kasus aplikasi sensor gas sistem pemantauan kualitas udara berbasis quadrotor Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dengan teknologi Internet-of-Things (IoT). Pada tugas yang berjudul Studi Pustaka Aplikasi Sensor Gas Pada Sistem Monitoring PolusiUdara Berbasis Quadrotor Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan Internet-of-Things (IoT), makalah ini membahas tentang sistem pendeteksi polusi udara dengan menggunakan quadrotor UAV atau Drone. Pada sistem ini terdapat sensor dirancang untuk mendeteksi variabel gas CO, gas CO2, kualitas udara, dan suhu. Sistem sensor ini kemudian diintegrasikan dengan quadrotor agar proses monitoring dapat dilakukan di berbagai titik. Data pengukuran dari sensor sistem dikirimkan secara nirkabel menggunakan jaringan internet melalui modul Wi-Fi. Berdasarkan hasil pengujian,sistem sensor mampu mendeteksi konsentrasi beberapa gas. Pada AQMesh tahapan kinerja alat yaitu alat dipasang dalam suatu titik kemudian alat tersebut terhubung pada stasiunpengontrol, sehingga dapat mengetahui konsentrasi gas yang didetaksi. Tahapan ini sama dengan tahapan padaalat carepol hanya saja carepol dimonitoring melalui web server. Pada monitoring udara berbasis quadrotor memiliki tahapan kinerja alat dimana sensor gas, baterai, dan alat control dipasang padabodyquadrotor. Saat quadrotor mengudara sensor gas mendeteksi konsentrasi gas pada lingkungan yang dilewati dan data hasil pengujian dapat dilihat melalui smartphone.Pada alat AQMesh mendeteksi pada suatu titik wilayah menggunakan empat sensor gas dengan range yang tinggi dengan satuan konsentrasi parts per billion (ppb) dan dimonitoring stasiun pengontrol. Pada carepol dapat mendeteksi suatu titik wilayah menggunakan dua sensor gas dengan range cukup tinggi dengan satuan konsentrasi parts per million (ppm) dan dimonitoringmelalui web. Pada pendeteksi udara menggunakan quadroptor dilakukan secara mobile menggunakan empat sensor gas dengan range cukup tinggi dengan satuan konsentrasi parts per million (ppm) dan dimonitoring melalui smartphone.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliati, Yuliati
NIDN0714077503
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Polusi udara, UAV, IoT, sensor gas.
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Ana Pancaringtias
Date Deposited: 24 Mar 2022 00:14
Last Modified: 24 Mar 2022 00:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/26033

Actions (login required)

View Item View Item