Sikap terhadap hubungan seksual pranikah dan persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks

Sulistyowati, Vera (2006) Sikap terhadap hubungan seksual pranikah dan persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Permasalahan mengenai seksualitas di kalangan remaja adalah masalah yang cukup pelik untuk diatasi. Tidak jarang, banyaknya stimulus dan informasi yang beredar ini, mempengaruhi remaja dalam bersikap terhadap permasalahan mengenai seksualitas. Dilakukannya perilaku berhubungan seksual pranikah, menunjukkan adanya sikap positif terhadap hubungan seksual pranikah. Salah satu informasi yang memiliki peranan yang penting dalam membentuk sikap remaja terhadap hubungan seksual pranikah adalah informasi mengenai pendidikan seks. Bagaimana informasi ini dapat diartikan dengan baik oleh individu khususnya remaja, dipengaruhi oleh proses persepsi. Informasi mengenai pendidikan seks cenderung disalahartikan oleh remaja sehingga berdampak pada sikap mereka terhadap hubungan seksual pranikah. Hal ini menandakan bahwa informasi tentang pendidikan seks sangatlah penting, karena bagaimana individu mempersepsikan informasi yang diterimanya memungkinkan mempengaruhi sikap mereka terhadap informasi yang diterimanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks dan sikap terhadap hubungan seksual pranikah. Subjek penelitian ini adalah 50 orang siswa­ siswi SMU Negeri 4 Surabaya dan pernah mendapatkan informasi mengenai pendidikan seks sebelumnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Quota Sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala yaitu, skala sikap terhadap hubungan seksual pranikah dan skala persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi non parametrik Kendall's tau b dengan bantuan program komputer SPSS for windows versi 11.5 dengan taraf signifikansi 5%, karena dalam uji asumsi salah satu variabel tidak berdistribusi normal dan hubungan antara variabel X dan Y tidak linear. Hasil analisis data mendapatkan koefisien korelasi (rxy) = -0, 216 dengan p = 0, 015 (p < 0, 05) yang berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks dengan sikap terhadap hubungan seksual pranikah. Jika persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks makin positif, maka sikap terhadap hubungan seksual pranikah makin negatif, begitu pula sebaliknya. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar subjek memiliki persepsi terhadap informasi dalam pendidikan seks yang tergolong positif (50%) dan sebagian besar subjek penelitian memiliki sikap terhadap hubungan seksual pranikah yang tergolong negatif (52%)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Persepsi, sikap, pendidikan seks, hubungan seksual pranikah
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2015 14:55
Last Modified: 11 Jun 2015 14:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item