Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik

Santosa, Hadi, Yuliati, Yuliati and Mulyana, Ig. Jaka (2019) Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik. In: Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Indonesia 2019, 2 Februari 2019, ITN Malang.

[thumbnail of Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik_peer_review]
Preview
Text (Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik_peer_review)
26p-R1&2-Alat_pengupas_sabut_.pdf

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik]
Preview
Text (Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik)
26p-Alat_pengupas_sabut_kelapa_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik]
Preview
Text (Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik)
28p-Alat_pengupas_sabut_kelapa_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik_Koresponden_] Text (Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik_Koresponden_)
28. Alat Pengupas Sabut Kelapa Asimetrik_Koresponden_.pdf

Download (302kB)

Abstract

Tanaman kelapa (Cocos Nucifera Linn) adalah tanaman multiguna (the tree of life) karena semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Berbagai industri turunan kelapa prospektif saat ini masih berkembang dengan melakukan kegiatan diversifikasi industri pengolahan kelapa. Salah satu pengolahan produk berbasis turunan daging buah kelapa yang prospektif serta mempunyai nilai jual yang tinggi antara lain adalah minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO). Pada penelitian ini digunakan teknologi sentifugal dalam rancang bangun peralatan proses produksi pembuatan VCO karena memiliki beberapa kelebihan yaitu waktu yang digunakan relatif singkat, tidak ada penambahan zat kimia, bebas kontaminasi serta yield yang dihasilkan lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan metode mekanis dan fermentasi. Pada penelitian ini telah berhasil dirancang bangun peralatan pembuatan VCO yang meliputi alat pengupas sabut kelapa asimetrik. Alat pengupas sabut kelapa yang telah dibuat mempunyai kemampuan untuk mengupas sabut kelapa sebanyak ±180 kelapa/jam. Sedangkan dengan cara manual sebanyak 100 kelapa/jam. Adapun cara kerja alat pengupas sabut kelapa ini adalah dengan memanfaatkan perbedaan kecepatan putar dan arah proses putaran kedua silinder dilakukan secara berlawanan arah. Kedua silinder ini berfungsi sebagai mata pisau dan penahan buah kelapa. Alat pengupas sabut kelapa ini menggunakan motor penggerak dengan kapasitas sebesar 2.2 hp.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sabut Kelapa, Asimetrik, Pengupas.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding > Faculty of Engineering
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:24
Last Modified: 21 Sep 2022 04:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item View Item