Panuli, Wandi (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (391kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (340kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X IPA dengan menggunakan metode pembelajaran inkuri terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation and Evaluations). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Siberut Barat dan dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu sebagai berikut: 1 x 45 menit (pre-test), 2 x 45 menit (percobaan gerak harmonik sederhana pada ayunan tunggal) dan 3 x 45 menit (gerak harmonik sederhana pada ayunan tunggal dan pegas + post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri atas lembar validasi media, lembar validasi RPP, lembar validasi RE, lembar peer reviewer, lembar keterlaksanaan RPP, pre-test dan post-test, serta lembar respon peserta didik. Skor penilaian yang diperoleh untuk setiap instrumen penelitian ini adalah sebagai berikut: validasi media “3,79” dengan kategori “sangat valid”, validasi RPP “3,75” dengan kategori “sangat valid”, validasi RE “3,54” dengan kategori “sangat valid”, peer reviewer “3,53” dengan kategori “sangat positif”, keterlaksanaan RPP “2,98” dengan kategori “baik”, N-gain “0,42” dengan kategori “sedang” dan respon peserta didik “3,6” dengan kategori “sangat positif”. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran berbasis website dengan pokok bahasan gerak harmonik sederhana dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA N 1 Siberut Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wijaya, Anthony NIDN111080619 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, inkuiri terbimbing, gerak harmonik sederhana, hasil belajar, SMA N 1 Siberut Barat. |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 9618 not found. |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 12:06 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 12:06 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25077 |
Actions (login required)
View Item |