Pengaruh beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas dan leverage terhadap keputusan transfer pricing perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019

Goenawan, Leonardo (2021) Pengaruh beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas dan leverage terhadap keputusan transfer pricing perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Transfer pricing merupakan upaya penetapan harga transaksi dengan pihak yang memiliki hubungan istimewa. Hal ini dapat dilakukan di negara yang sama maupun berbeda. Terdapat banyak motivasi yang menyebabkan perusahaan melakukan transfer pricing. Perusahaan melakukan transfer pricing tidak hanya didasarkan pada motivasi perpajakan saja, namun juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing antar perusahaan. Fenomena transfer pricing yang terjadi di perusahaan makanan dan minuman dapat terjadi melalui transaksi penjualan dan pembelian. Hubungan afiliasi yang dapat terjadi yaitu melalui transaksi dalam suatu grup perusahaan dan dengan berbagai pihak berelasi. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel-variabel yang dapat berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas, dan leverage. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling . Total sampel dalam penelitian ini adalah 64 yang telah memenuhi kriteria dalam pemilihan sampel. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel beban pajak, tunneling incentive, dan leverage berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing perusahaan. Hal ini menunjukkan pemegang saham mayoritas memiliki pengaruh yang signifikan dalam suatu perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahardjo, Hartono
NIDN0730036601
hartono-r@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Transfer pricing, beban pajak, tunneling incentive, profitabilitas, leverage
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Leonardo Goenawan
Date Deposited: 30 Jan 2021 02:16
Last Modified: 30 Jan 2021 02:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24597

Actions (login required)

View Item View Item