Laporan e-KP kerja praktek pembuatan keju cheddar substitute dari bahan baku minyak kelapa

Gunawan, Fransiska and Asmoro, Putri Dwi Retno (2021) Laporan e-KP kerja praktek pembuatan keju cheddar substitute dari bahan baku minyak kelapa. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Keju sangat banyak digunakan sebagai bahan makanan di dunia, namun intoleransi laktosa menyebabkan tidak semua orang dapat mengonsumsi keju berbahan dasar susu. Selain itu dalam penggunaannya sebagai bahan makanan, substitute cheese memiliki kelebihan karena harganya yang lebih murah dibandingkan natural cheese. Substitute cheddar cheese (SCC) diproduksi dengan bahan utama hardened coconut oil sehingga dapat dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa, rendah kolesterol dan kaya akan vitamin dan mineral. Proses produksi SCC terbagi menjadi proses persiapan bahan baku, proses pencampuran serta proses pencetakan dan pengemasan. Proses persiapan bahan baku merupakan proses utama, yaitu hidrogenasi parsial minyak kelapa pada suhu 170℃ dan tekanan 11 bar, dimana terjadi reaksi antara asam lemak tak jenuh dengan gas hidrogen membentuk asam lemak jenuh dengan bantuan katalis Ni/Al menghasilkan output fase liquid dan padat berupa hardened coconut oil dan katalis. Fase liquid dibawa menuju proses pencampuran dengan emulsifying salt, Hydrocolloids carrageenan, calcium caseinates sebagai sumber protein, air dan bahan-bahan pendukung lainnya hingga menjadi SCC dengan karakteristik yang diinginkan, yaitu memilki rasa yang stabil, masa simpan yang panjang, kaya akan vitamin dan mineral.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soetaredjo, Felycia Edi
NIDN0702047702
felyciae@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 9234 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:04
Last Modified: 27 Jan 2021 06:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24233

Actions (login required)

View Item View Item