Loyalitas Fandom Army BTS (Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom Army BTS di Surabaya)

Santoso, Jennifer Riona (2021) Loyalitas Fandom Army BTS (Studi Fenomenologi tentang Loyalitas Fandom Army BTS di Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan loyalitas dari sudut pandang Army Surabaya. Terbentuknya subkultur fandom di Indonesia terbentuk dengan adanya bantuan dari Teknologi Informasi yang membuat anak muda di Indonesia dapat menggemari Idola di luar negaranya. Sikap loyalitas yang tumbuh dalam fandom menunjukkan bahwa kegemaran mereka terhadap budaya K-Pop bukanlah hanya sekedar kegemaran biasa, melainkan telah melampaui kehidupan nyata. Loyalitas yang dimaknai oleh fandom Army BTS ini adalah sebagai pembuktian bahwa, mereka tidak hanya sekedar menggemari, tetapi juga memiliki suatu ikatan hubungan khusus yang hanya dapat dirasakan oleh diri mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi dimana peneliti membiarkan fans BTS secara aktif memaknai loyalitas melalui intersubjektifnya yaitu pengalaman mereka menjadi seorang fans. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam untuk memperoleh pemaknaan loyalitas yang diamati dan diceritakan oleh Army Surabaya dari sudut pandang mereka sendiri. Peneliti menemukan bahwa pemaknaan loyalitas oleh Army Surabaya bukan hanya diukur melalui kegiatan pembelian produk seperti album BTS, Army Surabaya tidak menganggap bahwa idolanya adalah sebuah barang yang dapat dibeli dengan uang. Melainkan Army Surabaya memaknai pembelian produk BTS tersebut adalah suatu pemenuhan kenikmatan dan kepuasan. Bagi Army Surabaya pemaknaan loyalitas juga diartikan sebagai suatu bentuk kesetiaan yang dipandang oleh Army adalah sebagai suatu kewajiban yang dilakukan oleh fans.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Setyarinata, Agatha Winda
NIDN0717049102
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fans, Army Surabaya, Loyalitas, Fenomenologi.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9366 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:59
Last Modified: 23 Jan 2021 07:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24166

Actions (login required)

View Item View Item