Penerimaan remaja perempuan mengenai Body Image Influencer pada Vlog “Insecure Sisi Gelap Influencer” dalam Channel Youtube @Minyo33

Zefanya, Maria Ezra (2021) Penerimaan remaja perempuan mengenai Body Image Influencer pada Vlog “Insecure Sisi Gelap Influencer” dalam Channel Youtube @Minyo33. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (802kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)

Abstract

Dalam beberapa tayangan di media online seperti Youtube, seringkali menampilkan perempuan cantik yang memiliki tubuh yang kurus sebagai figur yang ideal. Hal ini memunculkan adanya sebuah standar tubuh ideal dikalangan perempuan, sehingga menyebabkan banyak perempuan merasa tidak puas dengan bentuk tubuhnya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui penerimaan remaja peremuan mengenai body image influencer dalam vlog insecure sisi gelap influencer dalam channel youtube @minyo33. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode Analysis Reception, dimana saat menerima pesan, khalayak akan dikategorikan dalam tiga posisi penonton yaitu dominant, negotiated, oppositional. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara kepada lima informan yang berusia 17-22tahun, memiliki etnis yang berbeda-beda dan tentunya telah melihat vlog Minyo edisi insecure sisi gelap influencer. Setelah hasil wawancara ditranskrip dan dikelompokkan menjadi tiga posisi yaitu dominant, negotiated, oppositional, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dua informan cenderung dalam posisi dominant, dan tiga infroman cenderung dalam posisi negotiated karena ketiga informan tersebut cenderung menerima namun ia juga menanggapi dengan pendapatnya sendiri mengenai penerimaan body image influencer dalam vlog insecure sisi gelap influencer. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerimaan mengenai body image influencer kepada remaja perempuan, masih cenderung diterima secara positif, meskipun tidak memungkiri juga bahwa kelima informan sudah termakan dengan standar tubuh ideal yang dibentuk oleh media, namun juga ada dua informan yang tidak bisa menerima apabila body image asli laki-laki tapi memiliki penampilan perempuan dalam sosial medianya. Selain itu informan juga sejalan bahwa dalam pembentukan body image adanya faktor seperti media massa, keluarga serta konsep diri mengenai penilaian dari orang lain, yang terdapat dalam vlog tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Body image, vlog, remaja perempuan, analisis resepsi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 9231 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:46
Last Modified: 21 Jan 2021 07:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24101

Actions (login required)

View Item View Item