Perbedaan pengambilan keputusan pada generasi y dan z dalam membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser

Gunawan, Levina Marva (2020) Perbedaan pengambilan keputusan pada generasi y dan z dalam membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran saat ini tidak dilakukan secara offline saja, namun saat ini juga dilakukan secara online. Salah satu strategi pemasaran yang sedang marak yaitu endorsement. Endorsement merupakan kegiatan pemasaran yang melibatkan celebrity endorser sebagai public figure untuk mempromosikan suatu produk. Penelitian ini berfokus pada produk fashion karena produk fashion merupakan salah satu produk yang menunjang sektor ekonomi Indonesia dan paling sering dibeli oleh konsumen. Dalam mempromosikan produk fashion, celebrity endorser perlu membangun sebuah kepercayaan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Keputusan konsumen untuk membeli suatu produk yang diendorse tentu melibatkan proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan adalah hal yang seringkali dilakukan oleh setiap orang untuk mempertimbangkan pilihannya apabila dihadapkan pada beberapa alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengambilan keputusan membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser pada Generasi Y dan Z. Subjek penelitian ini adalah Generasi Y dan Z yang berdomisili di Surabaya (N=150). Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik incidental sampling dan snowball sampling. Pengambilan keputusan diukur dengan skala pengambilan keputusan. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji beda Mann-Whitney U. Hasil analisis menunjukkan nilai sig. sebesar 0,019 (p < 0,05), artinya ada perbedaan pengambilan keputusan pada generasi Y dan Z dalam membeli produk fashion yang menggunakan celebrity endorser. Berdasarkan nilai mean, pengambilan keputusan tertinggi berada pada generasi Y sebesar 83,79 diikuti kelompok generasi Z sebesar 67,21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Effendy, Nurlaila
NIDN0702026606
laila@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan, fashion, generasi, celebrity endorser.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Levina Marva Gunawan
Date Deposited: 17 Jan 2021 11:16
Last Modified: 17 Jan 2021 11:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item