Studi kasus pemanfaatan media oleh guru kelompok A di TK L Surabaya

Hardika, Putri Ayu (2020) Studi kasus pemanfaatan media oleh guru kelompok A di TK L Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
0. SKRIPSI PUTRI AYU H.-1-14.pdf

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI PUTRI AYU H.-Bab I.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI PUTRI AYU H.-Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI PUTRI AYU H.-Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI PUTRI AYU H.-Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI PUTRI AYU H.-Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
SKRIPSI PUTRI AYU H.-95-99-1.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
0. SKRIPSI PUTRI AYU H.-100-120.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan media oleh guru dapat mendukung keberlangsungan proses pembelajaran sehingga tujuan mengembangkan aspek perkembangan anak dapat tercapai. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan berbagai media oleh guru kelompok A di TK L Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TK L Surabaya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Proses analisis data meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau conclusion. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru kelompok A tidak hanya menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA) tetapi juga melakukan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan berbagai macam media untuk menunjang proses pembelajaran anak. Hal tersebut dapat dilihat dari intensitas guru dalam menggunakan media cukup banyak dan beragam. Berbagai macam media yang digunakan merupakan media yang ada disekitar lembaga PAUD seperti macam kertas, cat air, fasilitas sekolah, bahan alam. Pemanfaatan media tersebut ditujukan agar anak usia dini dapat termotivasi dan mengikuti proses pembelajaran dengan nyaman layaknya bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Puridawaty, Brigita
NIDN0711108002
gitawm@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Simanjuntak, Anita Roslina
NIDN0711049201
anitaroslina@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan media, guru
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Putri Ayu Hardika
Date Deposited: 18 Aug 2020 13:31
Last Modified: 18 Aug 2020 13:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23227

Actions (login required)

View Item View Item