Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan getaran dan gelombang untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMPK St. Stanislaus 1 Surabaya

Cunha, Aloysius Firmus Randy Da (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan getaran dan gelombang untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMPK St. Stanislaus 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (870kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SMPK Santo Stanislaus 1 Surabaya, diketahui bahwa kelas VIII B yang terdiri dari 24 siswa, mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran Fisika. Siswa kurang mampu untuk menguasai materi Fisika yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan Fisika siswa yang terakhir. Hanya 50 % siswa yang memenuhi SKM. Pembelajaran kelas dikatakan tuntas apabila siswa memenuhi SKM yaitu nilai 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMPK Santo Stanislaus 1 Surabaya Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan Jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dari keadaan awal 50% menjadi 87,50%. Disamping itu, terjadi juga peningkatan keaktifan siswa hingga menjadi 79,17%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Getaran dan Gelombang, STAD, Penelitian Tindakan Kelas, Keaktifan, Prestasi belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 12 May 2015 05:48
Last Modified: 28 Jan 2016 06:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item