Laporan kerja praktek PT. Mitra Mulia Makmur (1 Juli - 30 Agustus 2019)

Bage, Thomas Morus Papo and Nathanael, Dionysius (2019) Laporan kerja praktek PT. Mitra Mulia Makmur (1 Juli - 30 Agustus 2019). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB IX.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

PT. Mitra Mulia Makmur atau biasa disebut PT. MMM Plastic merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang kemasan atau kontainer plastik dan printing. Berdiri sejak tanggal 12 Agustus 1993 dan berlokasi di Jalan Raya H.R.M Mangundiprojo no 266, Buduran, Sidoarjo, perusahaan ini memberikan solusi untuk kebutuhan di bidang kemasan kontainer, dengan produk dan desain printing yang berkualitas, sesuai dengan standart mutu ISO 9001:2008. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari TANCORP yang memiliki 78 anak perusahaan dengan lebih dari 300 brand di Indonesia. Produk yang dihasilkan antara lain tabung plastik, botol thinner, dan produk Moorlife. Produk-produk ini didistribusikan ke perusahaan dalam negeri. Proses produksi di PT. MMM Plastic dibagi menjadi tiga bagian yaitu Mixing, Injection, dan Printing. Proses Mixing adalah percampuran bahan baku yang akan digunakan dalam produksi, proses Injection adalah pencetakan produk, dan proses Printing adalah pencetakan kemasan. PT. MMM Plastic menggunakan utilitas berupa air PDAM, listrik, dan gas bertekanan. Air PDAM digunakan untuk kebutuhan produksi dan MCK, listrik digunakan untuk menjalankan alat produksi dan penerangan serta keperluan perkantoran, sedangkan gas bertekanan digunakan untuk mengeluarkan produk dari cetakan pada tahap injection dan proses blow moulding. PT. MMM Plastic dipimpin oleh direktur utama dan dibantu oleh direktur, strategi management office, dan personal assistant serta manager dan bawahan lainnya. Masing-masing jabatan memiliki tugas, hak, dan wewenang yang telah ditetapkan. Tugas khusus yang dilakukan adalah menganalisa penyebab terjadinya kerusakan produk tutup botol thinner. Dari studi pustaka yang dilakukan ditemukan bahwa penyebab keruskan pada tutup botol thinner adalah kesalahan dalam penggunaan bahan baku. HDPE sebagai bahan baku yang digunakan dalam pembuatan tutup botol thinner mengalami kerusakan ketika berkontak langsung dengan xylen dalam thinner B pada suhu 20℃. Melihat hal itu perlu dilakukan pergantian bahan baku tutup botol thinner. PP merupakan bahan baku alternatif yang dapat digunakan karena memiliki ketahanan dengan xylen sehingga kerusakan tutup botol thinner dapat diminimalisir.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudaryanto, Yohanes
NIDN0730056201
nesto@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 8589 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:01
Last Modified: 02 Feb 2021 04:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22477

Actions (login required)

View Item View Item