Laporan Kerja Praktek Desain layout HMI (Human Machine Interface) dan konfigurasi PLC (Programmable Logic Control) di PT. Insan Sejahtera Engineering : Studi kasus untuk pengaturan diesel fire fighting pump PLTU Tj. Awar-Awar Tuban

Laby, Robby Jeremia Arung (2019) Laporan Kerja Praktek Desain layout HMI (Human Machine Interface) dan konfigurasi PLC (Programmable Logic Control) di PT. Insan Sejahtera Engineering : Studi kasus untuk pengaturan diesel fire fighting pump PLTU Tj. Awar-Awar Tuban. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

HMI (Human Machine Interface) adalah sebuah interface atau tampilan penghubung antara manusia dengan mesin. HMI juga merupakan user interface dan sistem kontrol untuk manufaktur. HMI memvisualisasikan kejadian, peristiwa, atau pun proses yang sedang terjadi di plant secara nyata sehingga dengan HMI operator lebih mudah dalam melakukan pekerjaan fisik. Biasanya HMI digunakan juga untuk menunjukkan kesalahan mesin, status mesin, memudahkan operator untuk memulai dan menghentikan operasi, serta memonitor beberapa part pada lantai produksi. PLC merupakan sistem kontrol solid state dalam industri yang dapat diprogram untuk mengontrol sebuah proses atau operasi mesin. PLC mempunyai memori bagi program dari user yang digunakan untuk menyimpan instruksi agar diimplementasikan untuk fungsi tertentu seperti timing, perhitungan, manipulasi data dan komunikasi sehingga bisa mengontrol mesin dan proses. PT. Insan Sejahtera Engineering berlokasi di Ruko Jatikepuh Indah E-29, Jl. Mojopahit, Candi, Sidoarjo 61271. PT. Insan Sejahtera Engineering adalah perusahaan yang bergerak dibidang Elektrikal, Kontrol dan Instrumentasi dan Teknologi Informasi yang juga berbentuk perusahaan EPPC (Engineering, Procurement, Construction and Commissioning). Perusahaan ini melayani client untuk proses design/perancangan sistem yang akan dibangun, pengadaan/pembelian barang dan dilanjutkan dengan membangun/konstruksi apa yang telah dirancang melalui tender ataupun melalui permintaan langsung pada perusahaan. Selama melakukan kegiatan kerja praktek di perusahaan ini, didapatkan pengembangan ilmu baru untuk mendesain, memerogram, dan menkonfigurasikan HMI (Human Machine Interface) dan PLC (Programable Logic Control). Dengan mendapatkan itu semua, tujuan saya kerja praktek di PT. Insan Sejahtera Engineering dapat tercapai.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
UNSPECIFIED
Andyardja, Widya
NIDN0730107006
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HMI (Human Machine Interface), PLC (Programable Logic Control)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Robby J. Arung Laby
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:26
Last Modified: 24 Jul 2020 03:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item