Pemanfaatan menu mailings microsoft word untuk mendukung kegiatan surat menyurat di Departemen Sales & Marketing Midtown Residence Surabaya

Agustine, Friska Sofia (2020) Pemanfaatan menu mailings microsoft word untuk mendukung kegiatan surat menyurat di Departemen Sales & Marketing Midtown Residence Surabaya. Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy

Abstract

Laporan ini bertujuan untuk mengamati kegiatan administrasi perkantoran di Hotel Midtown Residence Surabaya, kegiatan surat menyurat. Pengamatan membuat surat dengan menggunakan salah satu aplikasi Microsoft Office, yaitu Microsoft Office Word. Surat yang dibuat adalah surat penawaran yang mana isi surat identik sama, akan tetapi ditujukan ke penerima yang berbeda-beda. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa para staf masih menggunakan cara manual untuk membuat surat penawaran. Surat dibuat dengan menggunakan shortcut copy pastesurat utama lalu mengetik identitas penerima satu per satu dan dilakukan berulang-ulang. Penggunaan cara manual tersebut tidak efektif dan efisien karena Microsoft Word memiliki fasilitas menu dalam Command Tab untuk mendukung pembuatan surat yang sama ke berbagai penerima berbeda. Menu tersebut adalah tab Mailings. Dalam tab Mailings terdiri dari lima grup, yaitu Grup Create, Grup Start Mail Merge, Grup Write & Insert Fields, Grup Preview Results, Grup Finish. Pengguna hanya membutuhkan dua file untuk membuat surat dengan penerima yang berbeda-beda, yaitu naskah surat sebagai dokumen utama dan sumber data yang isinya data penerima surat. Jadi pengguna hanya cukup mengetik satu surat dan selanjutnya menyisipkan field dari sumber data yang telah dibuat. Pemanfaatan menu Mailings terbukti sangat efisien dan efektif untuk mendukung kegiatan pembuatan surat yang sama dengan penerima yang berbeda-beda. Dari hasil pengamatan ini penulis memberi saran agar pihak Hotel Midtown Residence Surabaya menjadikan fungsi menu tab Mailings sebagai bahan pertimbangan untuk lebih dimanfaatkan dalam kegiatan surat menyurat sehingga lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Administrasi Perkantoran
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Muljani, Benedicta D.
NIDN0710047502
bene@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Microsoft office word, mailings, surat menyurat
Subjects: Office Administration
Divisions: Faculty of Vocational > Office Administration Diploma Study Program
Depositing User: Users 8372 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:12
Last Modified: 21 Jan 2021 02:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item