Uji toksisitas akut ekstrak etanol daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) terhadap LD90, aktivitas fisik dan gambaran histopatologi ginjal pada mencit

Pramesti, Nur Fitri Liana (2019) Uji toksisitas akut ekstrak etanol daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) terhadap LD90, aktivitas fisik dan gambaran histopatologi ginjal pada mencit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB_1[1].pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB_3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB_4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB_5[1].pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kembang bulan (Tithonia diversifolia) adalah tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi antidiabetes, antibakteri, antioksidan, antiinflamasi dan analgesik. Penelitian uji toksisitas akut dilakukan untuk mendukung penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan dalam uji toksisitas mengacu pada BPOM (Pedoman Uji Toksisitas Nonklinik secara in vivo). Serbuk daun kembang bulan diekstraksi dengan etanol 70% secara maserasi. Hewan yang digunakan adalah mencit jantan sebanyak 40 ekor yang dibagi menjadi empat kelompok yaitu terdiri dari kelompok kontrol negatif, kelompok dosis 300 mg/KgBB, kelompok dosis 2000 mg/KgBB dan kelompok dosis 5000 mg/KgBB. Mencit diberi ekstrak etanol daun kembang bulan sebagai dosis tunggal pada kelompok perlakuan. LD90 ditentukan dari jumlah hewan coba yang dapat bertahan hidup setelah pemberian ekstrak etanol. Aktivitas hewan coba diuji dengan uji platform, rotarod dan holeboard, dan ditentukan skoring histopatologi ginjal setelah pembedahan. Perhitungan statistik LD90 menggunakan probit, aktifitas fisik menggunakan one way ANOVA dilanjutkan dengan Post-Hoc LSD, histopatologi ginjal menggunakan Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan Mann Whitney. Hasil statistik menunjukkan kenaikan aktivitas pada dosis 300mg/KgBB serta tidak menimbulkan kematian pada mencit. Pengamatan histopatologi ginjal terdapat perbedaan secara signifikan pada masing-masing dosis, kelompok dosis 300 mg/kgBB tidak terdapat perbedaan secara signifikan dengan kelompok kontrol, namun terdapat perbedaan secara signifikan pada kelompok dosis 2000 mg/KgBB dan dosis 5000mg/KgBB, dan pada kelompok dosis 2000 mg/KgBB memiliki perbedaan secara signifikan dengan kelompok dosis 5000mg/KgBB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Solfaine, Rondius
NIDN0708127503
solvaine@yahoo.co.id
Thesis advisor
Sinansari, Restry
NIDN0703088804
r.sinansari@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Tithonia diversifolia, LD90, uji toksisitas akut, Histopatologi ginjal, aktivitas fisik.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7510 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:36
Last Modified: 03 Feb 2020 08:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20451

Actions (login required)

View Item View Item