Motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya pada siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP negeri 1 Sedati

Putri, Kresna Dwi (2019) Motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya pada siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP negeri 1 Sedati. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Dukungan sosial adalah suatu usaha individu dengan memberikan perhatian, penghargaan, dan bantuan kepada orang orang lain yang dicintai sehingga indvidu tersebut merasakan kenyamanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP Negeri 1 Sedati. Siswa yang mengikuti program SPP-SKS ini memiliki IQ diatas 125 atau superior. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program SPP-SKS semester 1 dan semester 3 yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total populasi dengan skala motivasi belajar dan skala dukungan sosial teman sebaya. Peneliti menganalisis data penelitian dengan teknik korelasi non-parametrik Kendall’s tau-b. Hasil penelitian menunjukkan nilai p sebesar 0,078 (p > 0,05)bahwa tidak ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa yang mengikuti program SPP-SKS di SMP Negeri 1 Sedati. Hal tersebut ada faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, seperti : kemampuan anak didik, cita-cita dan aspirasi anak didik. Selain itu, dukungan sosial teman sebaya tidak menjadi hal utama dalalm meningkatkan motivasi belajar siswa program SPP-SKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hapsari, Elisabet Widyaning
NIDN0704118303
elisabet_hapsari@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar siswa, dukungan sosial, program SPP-SKS.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7556 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 05:07
Last Modified: 17 Dec 2019 05:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item