Pengaruh perceived sacrifice, dan perceived benefit melalui perceived value terhadap adoption intention pada Sauan mobile dengan analisis multi-grup berdasarkan age di CU Sauan Sibarrung toraja

Mayda, Syka Yumima Amelia (2019) Pengaruh perceived sacrifice, dan perceived benefit melalui perceived value terhadap adoption intention pada Sauan mobile dengan analisis multi-grup berdasarkan age di CU Sauan Sibarrung toraja. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan era digital terutama pada financial technology di Indonesia semakin pesat, ditandai dengan munculnya berbagai macam aplikasi transaksi digital untuk smartphone pada tahun 2012 hingga sekarang. Hal ini akhirnya juga ikut mendorong Credit Union Sauan Sibarrung Toraja untuk membuat aplikasi fintech yang dapat mendukung kegiatan perbankan pada CU-nya. Pada tahun 2018, CU Sauan Sibarrung meluncurkan aplikasi fintech nya yang bernama Sauan Mobile, yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah anggota CU nya dalam bertransaksi. Namun dikarenakan anggota CU memiliki latar belakang yang berbeda – beda, maka menyebabkan niat adopsi aplikasi Sauan Mobile anggota CU juga berbeda – beda. Oleh karena itu penelitian ini dibuat untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat mempengaruhi adoption intention Sauan Mobile dan apakah perbedaan usia juga mempengaruhi niat menggunakan Sauan Mobile pada anggota CU Sauan Sibarrung Toraja. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 180, dimana sampel didapatkan dari penyebaran kuesioner pada anggota CU Sauan Sibarrung Toraja. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan PLS-SEM. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Value Adoption Model (VAM), yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh hubungan variabel perceived sacrifice, perceived benefit, perceived value, dan adoption intention. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah perbedaan age mempengaruhi hubungan perceived value terhadap adoption intention melalui analisis multi-grup. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa perceived sacrifice, perceived benefit, perceived value, terbukti memiliki pengaruh yang kuat terhadap adoption intention, sedangkan perbedaan age ditemukan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hubungan perceived value terhadap adoption intention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Value adoption model, CU Sauan Sibbarung, financial technology, Sauan Mobile
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7112 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 06:09
Last Modified: 12 Jul 2019 06:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item