Laporan kerja praktek PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk 4 Januari - 31 Januari 2019

Handoyo, Eldo (2019) Laporan kerja praktek PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk 4 Januari - 31 Januari 2019. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk merupakan perusahaan yang mengelola minyak dan lemak nabati. PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk Surabaya merupakan divisi minyak goreng dan lemak nabati yang menempati lahan seluas 6,5 Ha. Divisi minyak dan lemak nabati memproduksi dan memasarkan produk minyak goreng, margarin, dan shortening dengan merk dagang Bimoli Spesial, Bimoli, Delima, Simas, Palmia, dan Amanda. PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk memiliki 3 refinery plant, 3 fractination plant, margarine plant, dan hydrogenation plant. Proses refinery adalah pemurnian Crude Palm Oil (CPO) menjadi Refined Bleached Degummed Palm Oil (RBDPO). Proses yang terdapat pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk adalah Physical Refining Process. Terdapat tiga tahapan Physical Refining Process yaitu degumming, bleaching, dan deodorization. Proses Refinery dilakukan dalam kondisi vakum agar minyak tidak rusak karena proses dilakukan pada suhu tinggi. . Pada proses fraksinasi terdapat dua tahapan yaitu: Kristalisasi, dan filtrasi. Dimana, pada proses kristalisasi, suhu RBDPO akan diturunkan hingga terbentuk stearin fraksi padat dan setelah itu dipisahkan pada proses filtrasi sehingga didapatkan RBD stearin (padat) dan RBD olein (cair). Pada bagian pengemasan, memiliki PET bottling plant, pouch plant, dan canning plant. Pada PET bottling plant, produk yang dihasilkan adalah, Bimoli Klasik dan Bimoli Spesial 250 ml, 1000 ml, dan 2000 ml. Pada pouch plant, produk yang dihasilkan adalah Bimoli Klasik dan Delima pouch 1000 ml dan 2000 ml. Pada canning plant produk yang dihasilkan adalah bimoli klasik jerrycan 5 L. Semua produk yang dihasilkan akan dikemas dalam karton box sebagai kemasan sekunder. Kemasan Bimoli Klasik botol 2000 ml diproduksi sendiri oleh PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk. Sedangkan untuk kemasan lainnya didapatkan dari berbagai supplier. Utilitas yang dimiliki adalah unit penyedia air, unit penyedia steam, unit penyedia listrik, dan unit penyedia udara kering. Kualitas produk yang dihasilkan PT. Salim Ivomas Pratama dijaga dengan adanya Quality Control yang dibagi menjadi analisis dan inspeksi. QC analisis memiliki tugas untuk melakukan uji kimia dan mikrobiologi, sedangkan QC inspeksi melakukan uji fisik. PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk juga memiliki bagian maintenance yang terdiri dari mekanik, elektrik, workshop, dan sipil. PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk memiliki 911 karyawan (31 Desember 2018) dengan 51 perempuan dan 860 laki-laki. Karyawan dibagi menjadi 3 level yaitu manager, staff, dan non-staff.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 6983 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:28
Last Modified: 11 Jul 2019 03:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item