Kesiapan bersekolah siswa TK ditinjau dari metode pembelajaran.

Atmodjo, Margareta (2013) Kesiapan bersekolah siswa TK ditinjau dari metode pembelajaran. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Usia 3 hingga 6 tahun merupakan usia prasekolah bagi anak sebelum anak menempuh pendidikan formal. Mengetahui kesiapan bersekolah anak sangat penting guna keberhasilan dan kelancaran anak dalam menempuh pendidikan formal nantinya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan bersekolah anak, salah satunya adalah dengan metode pembelajaran yang diterapkan ketika anak berada di bangku taman kanak- kanak (TK). Dalam dunia pendidikan, dua metode pembelajaran yang banyak digunakan adalah metode pembelajaran langsung atau konvensional dan metode pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan kesiapan bersekolah pada siswa TK B bila ditinjau dari metode pembelajaran yang diterapkan. Subyek penelitian adalah siswa TK B berusia 5-6 tahun, berjumlah siswa 20 siswa TK yang menerapkan metode pembelajaran langsung dan 20 siswa TK yang menerapkan metode pembelajarean kooperatif. Teknik sampling yang digunakan adalah total population study. Pengambilan data dilakukan dengan Skala Kesiapan Bersekolah yang diisi oleh guru kelas. Analisa data menggunakan statistik non-parametrik U Mann- Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai p = 0,799, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan kesiapan sekolah pada siswa TK ditinjau dari metode pembelajaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Siswa TK, kesiapan bersekolah, metode pembelajaran langsung, metode pembelajaran kooperatif.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 05:34
Last Modified: 09 Mar 2015 05:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item