Pengaruh Fraud Diamond dalam kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2017

Reu, Fransiskus Marlon (2019) Pengaruh Fraud Diamond dalam kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan dengan menggunakan analisis fraud diamond. Penelitian ini menggunakan variabel tekanan yang diproksikan dengan stabilitas keuangan dan tekanan eksternal, variabel kesempatan yang diproksikan dengan kondisi industri dan ketidakefektifan pengawasan, variabel rasionalisasi yang diproksikan dengan pergantiaan auditor dan variabel kapabilitas yang diproksikan degan pergantian dewan direksi. Total sampel yang digunakan adalah 250 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stabilitas keuangan yang diukur dengan rasio perubahan aset, variabel tekanan eksternal yang diukur dengan leverage, variabel ketidakefektifan pengawasan yang diukur dengan menggunakan rasio dewan komisaris independe dan variabel rasionalisasi yang diukur dengan menggunakan pergantian auditor terbukti berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan. Sedangkan variabel kondisi industri yang diproksikan dengan perubahaan persediaan dan variabel kapabilitas yang diproksikan dengan perubahaan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Busines" not defined]
Uncontrolled Keywords: fraud diamond, kecurangan pelaporan keuangan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, sifat industri, ketidakefektifan pengawasan, rasionalisasi, kapabilitas.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6499 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 03:59
Last Modified: 28 Jan 2019 03:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16933

Actions (login required)

View Item View Item