Kolifah, Ellysia Nur (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan Physics Education And Technology (PhET) pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (311kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan persiapan yang dibuat guru sebelum mengajar, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar (BA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), jawaban LKPD, dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A sebanyak 31 peserta didik. Hasil dari validasi perangkat pembelajaran telah memenuhi syarat kevalidan dengan katergori “sangat valid” untuk silabus, RPP, dengan kategori “valid” untuk Buku Ajar dan RE. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP 3,3 dengan kategori “baik”, keterampilan proses sains 3,28 dengan kategori “baik”, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,63 dengan kategori “sedang”, dan persentase respon peserta didik 85,14% dengan kategori “respon positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Discovery Learning berbantuan PhET pada pokok bahasan teori kinetik gas dapat melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Teori Kinetik Gas, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Ellysia Nur Kolifah |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 02:42 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 02:42 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16881 |
Actions (login required)
View Item |